Godzilla Geser Aladdin dari Puncak Box Office, Raup Rp 700 M

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
03 June 2019 - 15:03
Godzilla Geser Aladdin dari Puncak Box Office, Raup Rp 700 M
Jakarta, CNBC Indonesia - Rumah produksi asal Amerika Serikat, Warner Bros (WB) sepertinya membutuhkan monster raksasa untuk menaklukkan kompetitornya, The Walt Disney Company.

Siapa sangka, film Godzilla: King of the Monsters buatan WB berhasil menyingkirkan film Aladdin bikinan Walt Disney dari puncak Box Office domestik selama akhir pekan dengan meraih pundi-pundi mencapai sekitar US$ 49 juta atau setara dengan Rp 700 miliar (asumsi kurs Rp 14.300/US$).


Pembuatan ulang film live-action Disney dari animasi klasiknya ini menghasilkan pendapatan hingga US$ 42,3 juta (Rp 605 miliar) di akhir pekan kedua dan kini mencatat pendapatan total secara global menembus US$ 446 juta (Rp 6,4 triliun), mengutip Business Insider.


Awalnya WB berharap lebih banyak dari pendapatan Godzilla, karena saat pembukaan diproyeksikan bisa meraup pendapatan perdana antara U$ 50 juta (Rp 715 miliar) sampai dengan US$ 55 juta (Rp 787 miliar).

Besaran ekspektasi itu memang tidak sebesar film Godzilla sebelumnya tahun 2014 yang menghasilkan pendapatan US$ 93,10 juta atau (Rp 1,33 triliun), atau film waralaba raksasa lainnya bikinan WB yakni Kong: Skull Island, tahun 2017 yang meraih pendapatan perdana US$ 61 juta (Rp 872 miliar). Film Kong itu diproduksi oleh Legendary Pictures dan Tencent Pictures dan didistribusikan oleh WB.

Studio film yang berbasis di Burbank, California ini hanya bisa berharap bahwa penggemar film mereka, baik Godzilla maupun King Kong akan ramai ketika kedua raksasa animasi ini akhirnya bertatap muka di dalam satu film yakni Godzilla vs Kong yang dijadwalkan rilis pada Maret tahun depan.

Foto: Premier Godzilla: King of the Monsters (REUTERS/Mario Anzuoni)

Kendala lain yang dihadapi King of the Monsters adalah bahwa periode penayangannya yang bersamaan dengan film lain dari kompetitor. Paramount memiliki Rocketman, film biografi Elton John, dan Universal memiliki rilis film terbarunya dari Blumhouse Production yakni Ma, film horor psikologis yang dibintangi oleh Octavia Spencer. 

Rocketman sudah menerima pendapatan awal US$ 25 juta (Rp 358 miliar), sementara Ma meraup US$ 18,3 juta (Rp 262 miliar).

Jason Guerrasio dari Business Insider menulis pandangan bahwa film Rocketman memiliki lebih banyak tantangan dibanding film biografi penyanyi rock yang rilis tahun lalu, Bohemian Rhapsody. Ketika itu film biografi vokalis band Queen, Freddie Mercury, itu dirilis pada November, sementara film Elton John ini dirilis tepat di musim panas saat film blockbuster ramai ditayangkan.

Tapi, menurut Jason, informasi pemasaran dari mulut ke mulut diharapkan bisa menjadi penolong bagi film-film itu untuk mempertahankan gelar 10 besar Box Office domestik dalam beberapa minggu ke depan.

Foto: Infografis/Film Marvel Terlaris/Edward Ricardo



(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading