Rekrut Deadpool & X-Men, Laba Disney Meroket 85% Jadi Rp 77 T

Lifestyle - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
09 May 2019 07:12
Rekrut Deadpool & X-Men, Laba Disney Meroket 85% Jadi Rp 77 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa hiburan Walt Disney melaporkan laba bersihnya melesat naik di tiga bulan pertama tahun ini setelah mengakuisisi beberapa aset film dan televisi milik 21st Century Fox.

Rumah Mickey Mouse hingga jagoan Avengers itu mengumumkan, Rabu (8/5/2019), bahwa laba bersihnya melompat 85% menjadi US$5,4 miliar (Rp 77,2 triliun) di kuartal pertama tahun ini. Pendapatannya naik 3% menjadi US$14,9 miliar.

Lonjakan laba bersih itu terjadi meskipun film andalannya Captain Marvel gagal menyamai capaian fantastis Black Panther yang dirilis di periode yang sama tahun lalu, AFP melaporkan.


Pundi-pundi uang Disney diperkirakan akan kembali menggelembung di kuartal kedua ini dengan kesuksesan yang dicetak film Avengers: Endgame.


"Kami sangat senang dengan hasil di kuartal kedua dan merinding akan kesuksesan Avengers: Endgame yang mampu memecahkan rekor," kata CEO Walt Disney Company Bob Iger. Tahun fiskal Disney dimulai di Oktober sehingga periode Januari hingga Maret tahun ini menjadi kuartal pertama dalam pembukuan perusahaan.

Avengers: Endgame besutan Disney dan Marvel itu telah mencatatkan kesuksesan bersejarah dengan meraup US$2,19 miliar di seluruh dunia dalam waktu kurang dari dua pekan. Film itu kini ada di urutan kedua film dengan penghasilan tertinggi sepanjang sejarah di belakang Avatar, menurut pengamat industri Exhibitor Relations.

Rekrut Deadpool & X-Men, Laba Disney Meroket 85% Jadi Rp 77 TFoto: Infografis/Di Bawah Kendali Disney/Edward Ricardo

Disney juga mengalami kenaikan pendapatan dari taman hiburannya. Pembukaan atraksi Star Wars di Disneyland Anaheim diperkirakan akan menambah daya dorong bagi pendapatan raksasa hiburan ini di 2019.

Lompatan laba bersih Disney di tiga bulan pertama tahun ini sebagian besar karena penambahan kepemilikan perusahaan di platform video streaming Hulu sebagai akibat dari akuisisi aset-aset Fox.



Selain pendapatan, Disney juga mencatatkan biaya US$662 juta terkait akuisisi tersebut.

Disney merampungkan akuisisi beberapa aset film dan televisi Fox pada 20 Maret lalu setelah merogoh kocek hingga US$71 miliar dan mengalahkan tawaran dari Comcast. Dengan demikian, Disney kini memiliki saluran televisi FX dan National Geographic hingga karakter-karakter superhero X-Men serta Deadpool.


Saksikan video mengenai akuisisi aset-aset Fox oleh Disney berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading