Saat Darth Vader, X-Men, Thanos Semua Takluk di Bawah Disney

Lifestyle - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
20 March 2019 17:42
Saat Darth Vader, X-Men, Thanos Semua Takluk di Bawah Disney
Jakarta, CNBC Indonesia- Usai mengakuisisi aset-aset 21st Century Fox, Disney Company semakin gila membangun kerajaan dongengnya. Kini, Disney tak hanya diisi oleh putri-putri kerajaan namun ditambah deretan jagoan dan musuh-musuh legendarisnya.

Dirangkum oleh CNBC Indonesia, berikut adalah deretan karakter fiksi ternama yang kini berada di bawah Disney.


Pixar
Ekspansi pertama Disney dimulai ketika Robert Iger ditunjuk menjadi CEO di perusahaan tersebut pada 2005. Tepat setahun setelah dilantik, Bob Iger - sapaan akrabnya- langsung beraksi mengakuisisi Pixar Animation Studios pada 2006 dengan nilai mencapai US$ 7,4 miliar.


Saat Darth Vader, X-Men, Thanos Semua Takluk di Bawah DisneyFoto: REUTERS/Aly Song


Pixar sebelum bergabung dengan Disney, sukses besar dengan film-film animasinya seperti; Toy Story (1995), Monster Inc (2001), Finding Nemo (2003), The Incredibles (2004). Finding Nemo sukses mencetak box office global senilai US$ 865 juta, sementara Incredibles US$ 631 juta.

Sebelum dibeli Disney, CEO Apple Steve Jobs juga sempat menjadi bos di Pixar dengan kepemilikan hingga 49,65% namun akhirnya terdepak begitu Disney masuk. Motivasi Disney membeli Pixar saat itu adalah karena dalam 10 tahun lebih Disney belum menciptakan karakter animasi baru dan membuat penjualan lesu.

Lewat perkawinan Disney-Pixar, animasi-animasi baru pun bermunculan seperti; Wall-E, Up, Inside Up, Brave, dan Coco

Sementara karakter dan film yang dilahirkan kembali oleh Disney dan Pixar adalah; Toy Story 3, The Incredibles, Cars, Finding Dory.

Studio Pixar juga terlibat dalam beberapa produksi animasi Disney studio seperti The Jungle Book. Film terakhir Pixar-Disney yang sukses raup Box Office di antaranya;
- Coco US$ 807,1 juta
- The Incredibles 2 US$ 1,2 miliar

Marvel Entertainment
Sukses mengakuisisi Pixar membuat keuangan Disney makin berjaya dan makin optimistis. Hingga akhirnya pada 2009, Disney memutuskan untuk mengakuisisi Marvel Entertainment Group dengan nilai US$ 4,3 miliar.

Saat Darth Vader, X-Men, Thanos Semua Takluk di Bawah DisneyFoto: Avengers Marvel Movies (Dok. Marvel)


Disney mengakuisisi perusahaan yang lahir pada 1986, yang terdiri dari Marvel Comics dan Marvel Productions. Sebelum diakuisisi Disney, perusahaan tempat lahirnya Iron-Man dan kawan-kawan ini sempat jatuh bangun dan bahkan terancam bangkrut.

Saat mengakuisisi Marvel, tidak semua tokoh superhero berhasil masuk ke Disney karena beberapa karakter telah dilepas hak lisensinya ke studio lain seperti contohnya Spiderman yang dilepas ke Sony, dan karakter X-Men di Fox.

Pasca-akuisisi Marvel di 2009, beberapa karakter yang masuk ke Disney adalah Iron Man, Captain America, Thor, Hulk, Avengers, Black Panther, Captain Marvel, dan lainnya.

Lewat akuisisi Marvel ini, Disney seperti mendapat kucuran anggur surga. Banyak film Marvel yang mencetak box-office hingga miliaran dolar seperti;
- Avengers: Infinity War US$ 2,04 miliar
- The Avengers : US$ 1,5 miliar
- Avengers Age of Ultron US$ 1,4 miliar
- Black Panther: US$ 1,34 miliar
- Iron Man 3: US$ 1,2 miliar
- Captain America Civil War US$ 1,15 miliar


LucasFilm Ltd
Penggemar Star Wars tentu tak asing dengan rumah produksi satu ini. Sejak 2012, Lucas Film resmi diakuisisi oleh Disney Company. Setelah diakuisisi, Disney dan LucasFilm pun kembali membangkitkan kenangan lama akan Star Wars dan merilis trilogi film Star Wars terbaru yang berputar di cerita tentang perjalanan Kylo Ren, cucu dari Darth Vader.

Saat Darth Vader, X-Men, Thanos Semua Takluk di Bawah DisneyFoto: Seorang pria yang mengenakan kostum storm trooper memegang sebuah buku sketsa milik perancang kostum John Mollo (REUTERS/ Toby Melville )

Memulai dari The Force Awakens pada 2015, sekuel Star Wars akan diluncurkan dalam bentuk trilogi. Film bagian kedua adalah The Last Jedi yang tayang 2017, dan episode 3 yang belum ada judul.

The Force Awakens sukses mencetak box office US$ 2,06 miliar dan The Last Jedi mencetak box office US$ 1,3 miliar.

Tidak berhenti di situ, Disney dan LucasFilm pun terus menggali pundi-pundinya dengan meluncurkan film lepas tentang kisah Han Solo muda, prekuel Star Wars, animasi televisi Star Wars, dan rencana lainnya.

Adapun para karakter Star Wars ternama yang kini dalam satu atap Disney adalah; Darth Vader, Stormtrooper, Han Solo, BB-8, C3-PO, R2 D2, Luke Skywalker, Yoda, Princess Leia, dan lainnya.

21st Century Fox
Nah, ini yang paling hangat. Disney akhirnya resmi mengakuisisi 21st Century Fox. Akuisisi final terjadi Rabu (20/3/2019) tengah malam waktu Amerika Serikat (AS) itu membuat beberapa film dan studio televisi milik 21st Century Fox beralih ke tangan Disney. 

Saat Darth Vader, X-Men, Thanos Semua Takluk di Bawah DisneyFoto: X-Men Fox Movie. (Dok. Fox Movies)


Yang luar biasa dari kesepakatan ini adalah duit yang dirogoh Disney untuk membeli Deadpool dan X-Men yakni mencapai US$ 71,3 miliar atau setara Rp 1.013 triliun.

Dengan akuisisi ini, Disney bisa 'merebut' karakter-karakter Marvel yang sebelumnya tak bisa disatukan seperti Fantastic Four dan X-Men.

Namun, Disney juga berpotensi melahirkan kembali film-film dengan karakter dari Fox yang pernah sukses cetak box office seperti Avatar, Ice Age, How To Train Your Dragon, Kingsman, franchise Planet of The Apes dan lainnya.

Berikut adalah film-film produksi Fox yang sukses cetak miliaran hingga ratusan juta dolar di bioskop global.
Avatar (2009) US$ 2,7 miliar
Bohemian Rhapsody US$ 876 juta
Ice Age US$ 879 juta

Jadi bisa dibayangkan betapa dahsyat potensi pundi uang yang akan dikumpulkan Disney di tahun-tahun mendatang, jika semua jagoan berkumpul di perusahaan tersebut.


Simak video Disney akuisisi Fox senilai Rp 1000 T di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading