Avengers dan Black Panther Bikin Disney Raup Rp 105 T

Lifestyle - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
03 January 2019 16:40
Avengers dan Black Panther Bikin Disney Raup Rp 105 T
Jakarta, CNBC Indonesia- Tony Stark dan geng pahlawan supernya tak hanya mampu selamatkan dunia dari serangan Thanos, tetapi juga mampu menambah pundi-pundi Walt Disney hingga ratusan triliun rupiah selama 2018.

Dalam rilis yang dimuat di situs Walt Disney, perusahaan berhasil meraup US$ 7,3 miliar atau setara Rp 105 triliun untuk film-film box office mereka yang ditayangkan sejak 1 Januari hingga 31 Desember 2018. Ini merupakan pembukuan terbesar kedua yang berhasil diraup perusahaan sepanjang sejarah. Tertinggi adalah pada 2016, di mana perusahaan bisa meraup US$ 7,6 miliar.

Avengers dan Black Panther Bikin Disney Raup Rp 105 TFoto: Ist





Dengan capaian ini, Disney menjadi satu-satunya studio yang mampu mencapai penghasilan US$ 7 miliar. Capaian ini tak lepas dari hasil kerja sama Disney dan Marvel Studios, yang dua filmnya menyumbang hingga miliaran dolar. Yakni Avengers Infinity War US$ 2,05 miliar, Black Panther US$ 1,35 miliar.

Avengers Infinity War dan Black Panther bahkan masuk dalam jajaran film terlaris 2018. Di mana cerita Thanos memusnahkan separuh isi bumi berada di peringkat 1 dan kisah Raja Wakanda di posisi 3. Selain dua film tersebut, film Ant-Man and The Wasp juga berhasil lampaui US$ 620 juta.

Disney juga meraup miliaran dolar lewat film animasi hasil kolaborasi dengan Pixar Animation Studios yang sukses menggondol uang US$ 1,24 miliar.

Capaian 2018 ini sekaligus menjadikan Disney sebagai studio yang berhasil membukukan omzet di atas US$ 6 miliar selama tiga tahun berturut-turut, dan di atas US$ 5 miliar selama empat tahun berturut-turut.

Disney menutup 2018 dengan menyajikan animasi Ralph Breaks The Internet karya Disney Animation Studios yang saat debutnya pada thanks giving lalu berhasil meraup US$ 360 juta di seluruh dunia. Lalu, di Desember ada juga Marry Poppins Returns yang meraup US$ 200 juta saat tayang perdana Natal lalu.

Avengers dan Black Panther Bikin Disney Raup Rp 105 TFoto: Ist


"Terima kasih atas dukungan para penggemar Disney, Pixar, Marvel Studios, dan Lucasfilm di seluruh dunia. Ini merupakan tahun monumental bagi The Walt Disney Studios," kata Chairman Walt Disney Alan Horn, di keterangan resminya Rabu (2/1/2018).

Avengers dan Black Panther Bikin Disney Raup Rp 105 TFoto: Edward Ricardo


Secara khusus Alan mengapresiasi kontribusi Marvel Studios yang berperan penting dalam kemajuan Disney Studios.

"Black Panther dan Avengers: Infinity War menjadi bahan percakapan dan memecahkan rekor dan membuat studio ini mencapai prestasi tertinggi dalam satu dekade terakhir. Aksi superhero lainnya adalah Pixar The Incredibles 2 yang kembali ke layar dengan kekuatan yang lebih dahsyat tahun ini. Kami benar-benar menghargai bakat luar biasa tim studio kami dan kami menantikan 2019 yang hebat." (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading