Ini Alasan Kemenpar Gandeng SuJu-DBSK Promosi Wisata RI

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
21 March 2019 10:43
Ini Alasan Kemenpar Gandeng SuJu-DBSK Promosi Wisata RI
Jakarta, CNBC Indonesia- Tidak bisa dipungkiri virus Korean Wave tersebar sampai penjuru dunia. Banyak orang tergila-gila dengan lagu Kpop hingga drama asal negeri ginseng tersebut.

Alasan itulah yang membuat Kementerian Pariwisata memilih boyband kenamaan Super Junior dan DBSK untuk mempromosikan wisata Indonesia.



Guntur Sakti selaku Kepala Biro Komunikasi Publik di Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) mengatakan bahwa Super Junior memiliki banyak fans di Indonesia.


Tidak hanya itu, Suju juga bukan lagi dikenal di Asia saja tetapi sudah mendunia. Mereka juga sudah menjadi International Artist, dan mengantungi Best Fandom Awards di Teen Choice Awards 2015. 



"Super Junior didirikan 2005 di bawah SM Entertainment, dengan 11 anggota cowok-cowok ganteng dan keren. Diantaranya Leeteuk, Heechul, Yesung, Kangin, Sungmin, Shindong, Eunhyuk, Siwon, Donghae, Ryeowook, and Kyuhyun. Super Junior yang sering disebut Suju juga bukan lagi artis yang dikenal di Asia, tetapi sudah mendunia. Dia sudah menjadi International Artist, dan mengantungi Best Fandom Awards di Teen Choice Awards 2015," kata Guntur kepada CNBC Indonesia, Rabu malam (21/3/2019).

Ini Alasan Kemenpar Gandeng SuJu-DBSK Promosi Wisata RIFoto: Super Junior di HUT Transmedia ke-17 (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)


Dia menuturkan bahwa sampai sekarang Suju telah mengumpulkan 16 awards dari Golden Disk Awards, 13 awards dari Mnet Asian Music Awards dan diakui sebagai The Most Famous Korean Boyband, sekarang ini. Karena itulah, Suju sangat layak menjadi endorser Wonderful Indonesia untuk mempromosikan Pariwisata melalui Youtube Channel dan TV Programme mereka.



Hal lainnya, Suju juga pernah berpose bersama Presiden Jokowi saat berkunjung ke Korea Selatan di acara Indonesia-Korea Business and Investment Forum 2018 tanggal 11 September 2018. Mereka juga tampil super keren di closing ceremony, Asian Games 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 2 September 2018 yang sempat menjadi viral dan trending topic di Korea.

Sementara, untuk DBSK juga tak kalah lebih menarik. Duo boyband cowok keren, yakni Yoono Yunho dan Choigang Changmin ini juga memiliki banyak fans di Indonesia. Guntur juga mengatakan bahwa subscribers yang banyak dan viewers yang mencapai ratusan ribu untuk sekali postingan sangat efektif mempromosikan wisata Indonesia.

"Channel Youtubenya, memiliki subscribers 1,1 juta, yang berasal dari Korea, Indonesia, USA, hampir semua negara Asia yang demam Korea, atau sering disebut dengan istilah Drakor, Drama Korea. Sekali posting, 45 juta viewers, 500 ribu sampai 1,2 juta likers. Sangat efektif untuk mempromosikan Wonderful Indonesia," kata dia.

Saksikan video Lee Teuk Super Junior berbahasa Indonesia di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading