Ekonomi Lesu? Peminat Motor Gede RI Malah Meroket 400%

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
10 February 2019 11:44
Ekonomi Lesu? Peminat Motor Gede RI Malah Meroket 400%
Jakarta, CNBC Indonesia - Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap motor gede atau moge terus meningkat dari tahun ke tahun meskipun kondisi ekonomi hanya mampu tumbuh stagnan. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya motor-motor mengaspal di jalanan berbagai kota di dalam negeri.

Selain itu, banyak pula pabrikan motor besar yang mengeluarkan tipe terbaru demi memanjakan para pecinta motor gede. Beberapa di antaranya adalah Harley Davidson, BMW, dan Honda.



CEO BMW Motorrad Indonesia Joe Frans mengatakan pecinta motor gede terus mengalami peningkatan bahkan hingga 400% dalam dua tahun terakhir.


"Kalau bicara soal motor gede menarik sekali. Dan kita lihat growth yang cukup substansial," kata Joe kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

"Ini terbukti dari volume yang kita jual dari 2016 sampai 2018 bisa dikatakan growth-nya lebih dari 400%. Kita happy dan senang dengan angka itu," ujarnya.

Dia menuturkan bahwa para pembeli terus melakukan pemesanan khusus terhadap barang baru meskipun barang tersebut baru akan hadir di Indonesia beberapa waktu setelahnya. Para pecinta motor gede merek BMW dinilai loyal dan tak ingin melewatkan tipe terbaru.

Ekonomi Lesu? Peminat Motor Gede RI Malah Meroket 400%Foto: Harley Davidson (REUTERS/Philippe Wojazer)

Hal ini terjadi meskipun harga tunggangan ini berkisar antara ratusan juta hingga miliaran rupiah dan kondisi ekonomi Indonesia yang tumbuh stagnan sekitar 5%, jauh di bawah target pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) hingga 7%.

Pecinta Harley Davidson tak ketinggalan. Jumlahnya diklaim terus meningkat dan mereka selalu menunggu tipe-tipe terbaru.



General Manager Nusantara Harley-Davidson of Jakarta Reddi Ridwan mengatakan pertumbuhan penjualan yang dicatatkan Harley Davidson mencapai sekitar 30% setiap tahunnya.

"Bisa dibilang perkembangannya meningkat. Antusiasme merek Harley Davidson positif. Pertumbuhannya bisa di atas 30% per tahunnya," kata dia.


Simak video mengenai populernya motor Harley Davidson di Indonesia berikut ini.

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading