Setara Freeport, Boyband BTS Sumbang Rp 52 T ke Korea Selatan

Lifestyle - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
18 December 2018 17:39
Setara Freeport, Boyband BTS Sumbang Rp 52 T ke Korea Selatan
Jakarta, CNBC Indonesia- Mungkin kalau Indonesia punya boyband sebesar BTS, PT Inalum (Persero) tidak perlu repot-repot cari pinjaman dan terbitkan obligasi untuk akuisisi 51% saham PT Freeport Indonesia.

Dilansir dari AFP, sebuah lembaga riset di Korea Selatan baru baru ini merilis nilai kontribusi boyband beranggotakan 7 orang tersebut ke Korea Selatan dalam setahun, yakni mencapai US$ 3,6 miliar atau setara Rp 52 triliun. Ini beda tipis dengan nilai akuisisi PT Freeport Indonesia yang sebesar US$ 3,85 miliar.


Kontribusi ini, lanjut riset tersebut, juga setara dengan pendapatan dari 26 perusahaan menengah di negeri ginseng, sebut lembaga riset tersebut, Selasa (19/12/2018).


Data menarik lainnya dari Hyundai Research Institute, 1 dari 13 orang turis ternyata datang ke Korea karena ingin bertemu atau menonton konser BTS kependekan dari Bangtan Sonyeondan.


Tahun ini, BTS memang tak berhenti mencetak sensasi. Di awal tahun, boyband ini berhasil menembus jajaran tangga lagu terlaris Billboard 200 selama hampir sepekan berturut-turut. Ini untuk kedua kalinya, lagu Korea Selatan bisa masuk ke Billboard setelah rekor yang dicetak Psy beberapa tahun lalu.


Masuknya mereka ke pasar AS turut mendongkrak citra Korea Selatan di mancanegara. Lembaga riset ini memproyeksi dalam setahun, total nilai ekonomi yang disumbangkan ke industri mencapai 4,1 triliun KRW atau US$ 3,63 miliar. Sebanyak 800 ribu turis datang ke Korea juga karena BTS.

Setara Freeport, Boyband BTS Sumbang Rp52 T ke Korea SelatanFoto: Penggemar BTS boy band Korea Selatan berdiri di garis depan stan yang menjual merchandise BTS di luar Tokyo Dome saat konser band akan diadakan di Tokyo, Jepang, 13 November 2018. REUTERS / Kim Kyung-Hoon


Untuk produk yang diekspor, diperkirakan mencapai US$ 1 miliar yang berupa CD, pakaian, kosmetik, makanan dan semua terkait dengan mereka. Jika mereka tetap eksis, BTS diperkirakan bisa berkontribusi hingga 41,8 triliun KRW dalam 10 tahun mendatang.

Setara Freeport, Boyband BTS Sumbang Rp52 T ke Korea SelatanFoto: Penyanyi K-Pop BTS (REUTERS/Caitlin Ochs)
(gus/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading