Hai Para Jomblo, Ingat Biaya Nikah Naik 20% Tiap Tahun!

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
08 December 2018 14:52
Hai Para Jomblo, Ingat Biaya Nikah Naik 20% Tiap Tahun! Foto: Pakaian pernikahan Meghan, Duchess of Sussex, dan Harry, Duke of Sussex, dipajang menjelang pameran A Royal Wedding, akan segera dibuka di Windsor Castle, di Windsor, Inggris, 25 Oktober 2018. REUTERS / Peter Nicholls
Jakarta, CNBC Indonesia - Masih ingin menunda menikah karena karier? Ingat para jomblo kalau biaya nikah naik 20% per tahun. Hal tersebut diungkap oleh pemilik wedding organizer (WO) langganan crazy rich Indonesia, Private Wedding Organizer, Lina Handayani.

"Biaya pernikahan di Indonesia memang mahal ya, belum intimate party, rata-rata wedding yang digelar di hotel bintang lima dengan tamu ribuan biasanya di atas Rp3 miliar, itu naik terus sekitar 20% dari total biaya wedding, jadi jangan tunda wedding-mu," papar Lina saat diwawancarai CNBC Indonesia secara eksklusif di kantornya, Neo Soho, Jakarta Barat.

Lina menambahkan, untuk biaya pernikahan mewah a la crazy rich di hotel bintang lima bisa menghabiskan lebih dari Rp1 miliar untuk biaya pestanya saja, belum termasuk gaun pengantin dan keperluan lainnya. Untuk pernikahan di gedung dan harga catering juga terus mengalami kenaikan.

Permintaan yang terus meningkat setiap tahun juga mempengaruhi harga catering, venue, dan segala hal dalam pernikahan. Chief Operating Officer (COO) Weddingku Reza Paramita pun mengatakan, industri pernikahan terus tumbuh di Indonesia.


Kini pernikahan bukan lagi hanya sekadar pesta melainkan mimpi para calon pengantin. Trennya lebih ke thematic wedding yang sesuai keinginan kedua mempelai.

"Dalam industri wedding kita kategorikan ada venue, catering, bridal gown, honeymoon, saya punya datanya peningkatan secara keseluruhan seperti di Jakarta Wedding Festival naik 37% secara global. Transaksi terbesar itu venue dan catering. Venue itu tiket price besar kalau catering kuantitinya besar," kata Reza.

Saat CNBC Indonesia menelusuri pameran pernikahan Wedding Celebration Festival (WCF) 2018 pada akhir pekan lalu, biaya catering dan gedung untuk menikah di Jakarta sudah lebih dari Rp100 juta.

Beberapa vendor bahkan mematok paket pernikahan lebih dari Rp300 juta hanya untuk menikah di gedung bukan hotel. Bagi yang ingin menggelar pernikahan di hotel bintang empat maupun lima, siapkan lebih dari Rp300 juta.

Tarif tersebut tentu belum termasuk keperluan lain seperti baju pengantin, seragam keluarga, cincin kawin, hingga souvenir. (dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading