Bahan Baku Impor, Produk Fesyen RI Kalah Saing dari Thailand

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
01 October 2018 16:05
Bahan Baku Impor, Produk Fesyen RI Kalah Saing dari Thailand
Jakarta, CNBC IndonesiaIndustri fesyen Indonesia menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar. Sayangnya, produk tekstil atau fesyen lokal masih kalah saing dengan negara tetangga sekitar. Persoalan utama karena bahan baku yang masih mahal.

Direktur Jenderal IKM Gati Wibawaningsih mengatakan bahwa bahan baku masih impor. Itu kenapa produk fesyen buatan Indonesia masih kalah saing dengan Thailand. Meski demikian, Gati mengatakan bahwa Indonesia masih unggul dari sisi desainnya.


"Bahan baku di Indonesia banyak yang masih impor jadi kita nggak berkompetisi sama harga. Kita kalah saing dengan Thailand kedua China. Mereka bahan bakunya sendiri jadi murah. Kalau soal desain, Indonesia lah yang bagus," ujar Gati saat berbincang dengan CNBC Indonesia usai pembukaan Indonesia Moslem Fashion Expo 2018 di Gedung Kementerian Perindustrian, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (2/10/2018).


Gati menambahkan, rancangan para desainer Indonesia masih jauh lebih bagus daripada negara tetangga. Koleksi busana muslim karya perancang lokal juga memiliki pesona yang selalu mencuri perhatian saat dipamerkan di luar negeri.

Belum lagi aksesori yang juga diminati para turis. Selain itu, Gati pun menuturkan kalau Indonesia masih menjadi salah satu negara dengan eksportir sepatu terbesar di dunia.

"Ekspor sepatu Indonesia nomor kima di dunia. Ya, banyak kulit juga kayak dari kulit kerbau atau sapi," kata Gati.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading