Ekspor Fesyen Indonesia Rp 122 T, Kuasai 2% Pasar Dunia

News - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
01 October 2018 15:50
Ekspor Fesyen Indonesia Rp 122 T, Kuasai 2% Pasar Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia - Industri fesyen masih menjadi salah satu penghasil devisa terbesar. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pertumbuhan industri fesyen Indonesia terus bertambah setiap tahun.

"Industri ini masih menjadi penghasil devisa dengan nilai ekspor sampai Juli 2018 mencapai US$ 8,2 miliar (Rp 122 triliun). Ini berarti nilai pertumbuhan ekspornya 8,7%," kata Menperin saat membuka Moslem Fashion Expo 2018 di Plasa Industri Kementerian Perindustrian, Senin (1/10/2018).

"Dengan performance tersebut, produk fesyen Tanah Air akan mampu menguasai 1,9% pasar fesyen dunia," ujarnya.


Airlangga pun melihat kalau industri kreatif di Indonesia semakin berkembang dan fesyen muslim lokal kian diminati masyarakat dunia.


Belum lagi catatan dari Global Islamic Economy yang memprediksi pertumbuhan pasar fesyen muslim dunia pada 2029 mencapai US$ 327 miliar. Tentu Indonesia punya peluang untuk menjadi kiblat fesyen muslim dunia.

"Tolak ukur Indonesia menjadi kiblat fesyen dunia karena industri kreatif kita terus berkembang. Banyak desainer yang tumbuh dan Indonesia merupakan satu dari lima besar negara anggota Organisasi Kerjaama negara Islam (OKI) sebagai pengekspor fesyen muslim terbesar dunia setelah Bangladesh, Turki, Maroko, dan Pakistan," ujar Airlangga lagi.

Foto: Indonesia Moslim Fashion Expo 2018 (CNBC Indonesia/Arina Yulistara)

Untuk meningkatkan jumlah pertumbuhan ekspor industri fesyen di Indonesia khususnya busana muslim, Kemenperin menggelar Indonesia Moslem Fashion Expo 2018 dengan tujuan mengejar target Indonesia menjadi kiblat fesyen muslim dunia di 2020.

Ini merupakan pameran Indonesia Moslem Fashion Expo 2018 yang pertamakali diadakan oleh Kemenperin. Direktur Jenderal IKM Gati Wibawaningsih menargetkan mendapat lebih dari seribu pengunjung selama pameran digelar. Ia berharap para IKM mampu menghadapi persaingan baik lokal maupun internasional. (ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading