Desainer Lokal Ingin Tembus Pekan Mode Dunia, Ini Ongkosnya

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
24 September 2018 11:03
Desainer Lokal Ingin Tembus Pekan Mode Dunia, Ini Ongkosnya
Jakarta, CNBC Indonesia- Belakangan ini sangat banyak perancang busana muslim Indonesia yang wira-wiri di panggung fesyen dunia. Alasannya, untuk menaikkan pamor dan mengenalkan koleksi terbaiknya ke mata dunia.

Di Indonesia setiap tahun terdapat beberapa desainer yang melenggang di ajang pekan mode prestisius. Namun satu hal perlu diingat, untuk tembus di pekan mode dunia bukan perkara mudah.




Jeny Tjahyawati selaku desainer modest yang hampir  tiap tahun show diluar negeri mengatakan bahwa tak hanya koleksi saja yang dipikirkan tapi biaya keseluruhan penting dipersiapkan. Dana yang dimiliki menjadi ujung tombak pertama bila ingin menjadi desainer 'naik level'.

Sejak 2005, ibu 2 orang anak ini tiap tahunnya selalu show 3-4 kali di berbagai negara. Tidaklah heran, Jeny yang hampir puluhan lebih show diluar negeri sangat paham biaya dan keperluan apa saja yang diperhatikan.

Jeny membocorkan  biaya untuk desainer tampil sekitar Rp 100 an juta. Hanya saja itu belum termasuk akomodasi.

"Biaya sekitar Rp 100 an juta perdesainer dan belum termasuk akomodasi," ujar Jeny kepada CNBC Indonesia.

Namun lagi-lagi harga tersebut masih belum bersih. Para desainer harus menentukan lokasi runway sesuai eksistensi nya.

Ketika ditanya pekan mode mana yang memakan biaya banyak dan dia menjawab Paris Fashion Week. Sementara untuk Asia sekitar Rp 50 juta, Eropa Rp 100 juta hingga Rp 400 juta. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading