Desainer & Pendiri Off-White Virgil Abloh Meningggal Dunia

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
29 November 2021 11:12
Pendiri brand fashion Off-White Virgil Aboh ya en. File AP/

Jakarta, CNBC Indonesia - Virgil Abloh, yang baru-baru ini menjabat sebagai Direktur Artistik pria Louis Vuitton, meninggal dunia pada usia 41 tahun, Minggu (28/11/2021).

Dalam sebuah postingan di Instagram terverifikasi menyebut bahwa Abloh telah dua tahun berjuang melawan angiosarcoma jantung atau kanker agresif yang langka. Abloh disebut memilih untuk merahasiakan kankernya setelah didiagnosis pada 2019, menjalani perawatan sambil terus bekerja sebagai salah satu desainer terkemuka di industri mode.

"Dia memilih untuk menanggung pertempurannya secara pribadi sejak diagnosisnya pada 2019, menjalani berbagai perawatan yang menantang, sambil memimpin beberapa institusi penting yang mencakup mode, seni, dan budaya," demikian tulis postingan tersebut di Instagram, seperti dilansir dari Hollywood Reporter, Senin (29/11/2021).


"Melalui semua itu, etos kerjanya, rasa ingin tahu yang tak terbatas, dan optimismenya tidak pernah goyah. Virgil didorong oleh dedikasinya pada keahliannya dan misinya untuk membuka pintu bagi orang lain dan menciptakan jalur untuk kesetaraan yang lebih besar dalam seni dan desain," tambah keterangan itu.

Abloh, yang juga merupakan pendiri label mewah yang berfokus pada streetwear yakni Off-White dan sempat menjabat sebagai Direktur Kreatif Kanye West, mengalami peningkatan karier pada 2018 saat ditunjuk sebagai direktur di Louis Vuitton. Ini menandakan ia menjadi Direktur Artistik Afrika-Amerika pertama di merek fashion ternama dunia ini.

"Kami semua terkejut mendengar berita ini. Virgil bukan hanya seorang desainer jenius, seorang visioner, dia juga seorang pria dengan jiwa yang indah dan kebijaksanaan yang luar biasa," kata Bernard Arnault, CEO LVMH, seperti dikutip dari Hollywood Reporter.

"Saya bersama keluarga LVMH bersama-sama melewati kesedihan yang luar biasa ini, dan kami semua memikirkan orang-orang yang dicintainya setelah suami, ayah, saudara laki-laki atau teman mereka meninggal," lanjutnya.

Abloh lahir di Rockford, Illinois, pada 1980 dari orang tua imigran dari Ghana.

Ia memperoleh gelar sarjana teknik sipil dari University of Wisconsin-Madison dan gelar master dalam arsitektur di Institut Teknologi Illinois.

Saat bekerja di toko sablon, Custom Kings, di Chicago, Abloh bertemu Kanye West, yang akan menjadi salah satu kolaborator utama pertamanya. Pada tahun 2011, West menunjuk Abloh sebagai direktur kreatif perusahaannya Donda.

Beberapa tahun kemudian, Abloh mendirikan rumah mode Off-White dan menjabat sebagai CEO. Pada bulan Juli tahun ini, LVMH mengambil 60% saham Off-White dan juga mengumumkan bahwa Abloh akan mengambil peran yang lebih besar di bidang-bidang seperti perhotelan dan anggur dan minuman beralkohol.

Tahun sebelumnya, Abloh mendirikan Dana Beasiswa Postmodern yang memberi manfaat bagi siswa kulit hitam setelah pembunuhan George Floyd.

Abloh meninggalkan istrinya Shannon, anak-anaknya Lowe dan Grey, saudara perempuannya Edwina dan orang tuanya Nee dan Eunice.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Fakta Delphine Arnault, Putri Crazy Rich Owner Louis Vuitton


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading