Rinaldy Yunardi Dandani 1.500 Penari di Pembukaan Asian Games

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 August 2018 - 12:38
Rinaldy Yunardi Dandani 1.500 Penari di Pembukaan Asian Games
Jakarta, CNBC Indonesia - Pembukaan perhelatan Asian Games 2018 berlangsung megah. Di balik pembukaan pesta olahraga terbesar se-Asia ini ada nama-nama hebat terselip, salah satunya desainer Rinaldy Yunardi.

Desainer aksesori ternama yang mendunia ini dipercaya untuk mendesain kostum semua penari yang berpartisipasi. Kepada CNBC Indonesia, Yungyung, sapaan akrabnya, mengatakan ia bertugas mendandani 1.500 penari dalam 55 desain.

Yungyung berkisah keterlibatannya di opening ceremony ini lantaran ajakan desainer kenamaan Edo Hutabarat. Sempat ragu, akhirnya Yungyung pun menerima dan mulai melakukan persiapan dengan membawa tiga tema yakni Earth, Fire, dan Energy.


"Jadi, aku awalnya diminta sama teman desainer, Edo Hutabarat, untuk mendukung Indonesia lewat pembukaan Asian Games 2018. Kata Edo nanti dipertemukan dengan Eko Pace salah satu koreografer yang di balik pembukaan ini dan pikirku kenapa tidak toh aku ingin berkontribusi secara langsung lewat hal ini," kata Rinaldy kepada CNBC Indonesia, Sabtu malam (18/8/2018).


Dia menuturkan seluruh proses mulai dari riset dan pemilihan busana berlangsung selama enam bulan. Tak ada beban berarti yang dirasakan Yungyung selama proses penggarapan karena ia diberi kebebasan dalam berkarya.

Yungyung menjabarkan tiga segmen tersebut mulai dari Earth yakni menampilkan busana tradisional Indonesia dari Sabang hingga Merauke lengkap dengan aksesori asal daerah masing-masing. Lalu, segmen kedua adalah Fire yang menampilkan busana khas Bali disertai penari api mengisahkan semangat juang yang berkobar.

Terakhir adalah Energy yang menyajikan busana dengan segala profesi yang ada di Indonesia namun bergaya sporty. Kesempatan baik ini menjadi suatu kebanggan tak terukur bagi seorang Rinaldy Yunardi selama dia berkarya.

Tidak hanya untuk para penari, Yungyung juga mendesain busana untuk beberapa artis pengisi acara, seperti Anggun, Rossa, Fathin Sidqia, dan GAC.

Tak hanya Yungyung, beberapa seniman ikut terlibat dalam pembukaan upacara Asian Games 2018, seperti Ronald Steven (Music Director), Addie MS (Music Director), Eko Supriyanto (Choreographer), Denny Malik (Choreographer), Dynand Fariz (Fashion Designer), dan Wishnutama (Creative Director). (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading