Presiden Naik Motor ke Pembukaan Asian Games? Ini Kata Jokowi

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
19 August 2018 11:08
Presiden Naik Motor ke Pembukaan Asian Games? Ini Kata Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo buka suara soal 'sosok' yang menunggangi sepeda motor Yamaha FZ1 dalam Opening Ceremony Asian Games 2018 semalam, Sabtu (18/8/2018).

Dalam pembukaan pesta olahraga terbesar di Asia tersebut, Jokowi ditampilkan hadir menggunakan sepeda motor hitam dengan helm berwarna senada yang ia pinjam dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) setelah terjebak kemacetan ketika akan datang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Dengan mengendarai motor, sosok Presiden itu meliuk-liuk di tengah kemacetan, lalu masuk ke gang sempit, tapi sempat berhenti ketika rombongan anak sekolah ingin menyeberang jalan.


Ketika sampai di SUGBK, sosok dengan motor hitam itu masuk ke panggung utama dan meluncur ke basement lalu masuk ke dalam lift. Jokowi kemudian diperlihatkan keluar dari lift dan hadir di tribun VVIP SUGBK.

Sontak, kehadiran Jokowi disambut meriah oleh para hadirin malam itu.

Para pengguna media sosial juga ikut terbakar oleh aksinya yang mirip Ethan Hunt, tokoh utama dalam franchise Mission Impossible yang diperankan oleh Tom Cruise. Mereka ramai-ramai membicarakan siapa sebenarnya sosok 'stuntman' yang memerankan Presiden Jokowi dalam momen tersebut.

Konsep yang sama ditampilkan dalam acara pembukaan Olimpiade 2012 di London, Inggris, di mana Ratu Elizabeth II melompat dari helikopter ditemani James Bond yang diperankan Daniel Craig untuk tiba di lokasi opening ceremony menggunakan parasut bergambar bendera Inggris.


Pagi ini, di laman Facebook-nya, Jokowi menjawab siapa sosok yang menunggang motor tersebut.

"Siapa yang menerbangkan sepeda motor Paspampres, meliuk-liuk di tengah kemacetan, mengerem mendadak dengan gaya stoppie, dan sampai tepat waktu ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, semalam?" kata Jokowi di akunnya sekitar pukul 10.13 WIB, Minggu (19/8/2018).

Ia pun menjawab sendiri. "Hehehe."

"Yang jelas, saya dan kita semua menyambut gembira, bahwa acara pembukaan Asian Games 2018, di Stadion Utama GBK tadi malam berlangsung meriah dan lancar."

Jokowi menambahkan ia berbangga melihat upacara pembukaan yang menampilkan pemandangan alam Indonesia nan permai dengan gunung, hutan, sawah, dan air terjun, serta ribuan seniman yang mempertunjukkan tarian kolosal dan lagu-lagu Indonesia.

Para atlet dari 45 negara, tuturnya, juga berparade melewati para penari itu di bawah tatapan mata puluhan ribu penonton yang hadir di dalam stadion dan jutaan orang melalui televisi di seluruh Asia.

"Ini penantian Indonesia selama 56 tahun untuk kembali menjadi tuan rumah pesta olahraga bangsa-bangsa Asia setelah Asian Games di Jakarta di tahun 1962," ungkap Jokowi.

Kepala Negara mengatakan, seperti disampaikan Presiden Dewan Olimpiade Asia Syeikh Ahmad Al Fahad Al Sabah, Asian Games 2018 telah membuat sejarah baru dengan dua kota sebagai tuan rumah untuk pertama kalinya, yaitu Jakarta dan Palembang.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyinggung Korea Utara dan Korea Selatan yang melebur menjadi satu tim.

Ia mengatakan Kontingen Kuwait yang harus menerima sanksi dan berada di bawah bendera independen selama beberapa tahun, kini dapat mengikuti kejuaraan dengan mengibarkan bendera mereka sendiri dan lagu kebangsaan mereka.

"Kita bangga dengan kedatangan tamu-tamu istimewa dari 45 negara. Dalam Asian Games 2018, kita bangsa-bangsa se-Asia ingin menunjukkan bahwa kita bersaudara, kita bersatu, kita ingin meraih prestasi." (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading