Deretan Format Iklan yang Bisa Dimonetisasi Youtuber

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 July 2018 18:34
Ini ragam iklan yang bisa dipilih oleh Youtuber untuk memonetisasi saluran Youtubenya
Jakarta, CNBC Indonesia- Dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak brand & perusahaan memanfaatkan fasilitas dengan beriklan di Youtube. Tak tanggung-tanggung mereka pun meletakan iklan yang dibuat ke dalam video-video yang sedang populer.

Namun tahukah Anda, ternyata dari video yang dibuat ternyata juga bisa di monetisasi dengan mengizinkan pengiklan untuk memasang iklan dalam video. Sehingga semakin banyak penonton dan subscriber, semakin besar jumlah uang dari iklan yang bisa didapat.




Namun sebelum membuat iklan Anda harus  mengenali jenis-jenis iklan yang ada di Youtube terlebih dahulu. Rahmat Mulyadi, Account Manager Google Indonesia pun menjabarkan beberapa tipe iklan seperti 

Bumper ads.
Iklan ini hanya berdurasi 6 detik dan harus ditonton hingga selesai. Format iklan ini dioptimalkan untuk akses dari mobile. 

"Ya ada beberapa jenis iklan yang bisa dipilih seperti Bumper ads. Iklan itu hanya berdurasi 6 detik dan harus ditonton hingga selesai dan para pembuat konten akan menerima bayaran saat iklan yang ditonton secara keseluruhan," kata Rahmat kepada CNBC Indonesia di kantor Google Indonesia, Jakarta Selatan, Rabu (25/07/2018).

Skippable video ads
Memiliki format menonton yang bisa di skip. Format iklan ini paling sering digunakan oleh para pengiklan di Youtube dan dapat di skip oleh penonton setelah menonton 5 detik pertama.  

Skippable video ads, dapat muncul di awal, atau akhir video konten. Pembuat konten akan mendapat bayaran ketika para penonton menonton iklan selama 30 detik atau hingga selesai tergantung kesepakatan dengan pengiklan.

Midroll ads atau iklan paruh putar
Memiliki format lebih mirip dengan iklan di saluran televisi. Format ini hanya dapat digunakan pada video konten berdurasi lebih dari 10 menit dan pembuat konten akan mendapat bayaran ketika penonton menyaksikan iklan secara keseluruhan.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading