Mau Nikah dengan Biaya Rp 50 Juta? Begini Caranya

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
15 July 2018 19:05
Mau Nikah dengan Biaya Rp 50 Juta? Begini Caranya
Jakarta, CNBC Indonesia- Sedang heboh di media sosial curhatan seorang mempelai yang bisa menekan anggaran biaya pernikahannya hanya sampai Rp 50 juta.

Menurut pemilik Multi Kreasi Enterprise Wedding Organizer Emil Riyanto, menikah dengan anggaran rendah bisa dilakukan siapa saja. Meski cuma Rp 50 juta, Anda pun tetap bisa mewujudkan pesta yang berkesan. "Memang agak susah, Anda harus mengorbankan beberapa," katanya, saat ditemui di Jakarta Wedding Festival 2018 di JCC, Jumat (13/7/2018).




Misalnya, ia mencontohkan, Anda memiliki Rp 50 juta maka yang dilakukan pertama kali adalah membaginya ke beberapa pengeluaran penting. Ia menyarankan untuk gunakan budget kurang atau 1 persen dari total budget keseluruhan untuk membeli suvenir.

Dia menuturkan bahwa untuk menekan budget sebaiknya gelarlah pernikahan di rumah karena Anda bisa mengalihkanya untuk biaya catering. Tentukan porsi makanan sesuai jumlah tamu.

Terkait baju pengantin, Emil memaparkan bahwa calon pengantin jangan memaksakan untuk menggunakan baju dengan melihat brand. Pengantin bisa menggunakan busana yang terbaik tanpa mematok suatu brand atau mungkin menyewa.

Bila memungkinkan, tim wedding organizer biasanya juga  bersedia mendaur ulang pakaian pernikahan untuk menekan budget pernikahan sesuai dengan kesiapan finansial calon pasangan. 

Sebagai wedding organizer kami harus menanyakan dulu berapa budget yang klien kami punya jika Rp 50 juta mungkin ada beberapa yang kamu sesuaikan. Namun saya tekankan di sini adalah pemahaman bahwa bagus itu relatif dan bagus tidak melulu mahal," ujar Emilnya.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading