Liputan Khusus

Ini Cara Miliki Kucing Liar Tapi Mahal

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 July 2018 19:39
Ini Cara Miliki Kucing Liar Tapi Mahal
Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki binatang peliharaan yang langka membutuhkan perhatian dan dedikasi tinggi. Ada beberapa tahapan penting untuk bisa memperoleh binatang kesayangan itu.

Seperti halnya yang diutarakan pemilik yang hobi memihara kucing liar mahal, Muhammad Fardhan Khan. Menurutnya ada cara khusus untuk mendapatkan kucing tersebut.

[Gambas:Video CNBC]

Fardhan biasanya memesan langsung dari luar negeri, seperti Ukraina. Bahkan sesekali dia pun langsung mengunjungi negara tersebut untuk melihat secara langsung dan belajar memelihara kucing yang baik dan benar.


Mereka yang menginginkan ras khusus, menurutnya, harus melakukan sejumlah riset untuk menemukan breeder berakreditasi dengan reputasi yang bagus dan resmi. Sebab, kucing liar eksotis pada dasarnya dilindungi dan tidak sembarang orang bisa memilikinya.

"Iya, saya dapat kucing-kucing ini sejak tahun 2015 dan kala Instagram belum begitu eksis jadi carinya saya lewat internet. Lalu menghubungi langsung dan melakukan pembayaran dan pilihlah yang berkredibel," ujar Fardhan kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Dia menuturkan bahwa harga kucing-kucing ras murni juga jauh lebih mahal dibanding kucing lainnya. Untuk itu, pastikan Anda mencari tahu harga rata-ratanya sehingga tahu apakah Anda membayar dalam jumlah yang pantas atau tidak.

Setelah pembayaan biasanya dalam waktu paling lambat lima hari hingga sebulan kucing akan sampai di tempat Anda. Sementara untuk memiliki izin kepemilikan hewan langka tersebut, pastikan penjual tersebut bisa membantu Anda.


Umumnya setiap izin tergantung dari kebijakan masing-masing negara yang mengeluarkan. Fardhan mengaku untuk mendapatkan sertifikat kepemilikan dari Ukraina hanya memakan waktu dua minggu setelah membeli.

"Biasanya izinnya itu tergantung kementerian setiap negara. Nah, kalau di Ukraina itu cepat, sekitar dua mingguan sudah keluar izinnya. Jadi, biasanya pas datang semua sudah diurus oleh penjual kucing dan kita akan menerima satu lembar kertas berisi nama pemilik, negara asal, dan negara tujuan itu aja si sebenarnya," kata dia.

Untuk mengadopsi satu kucing, Fardhan pun harus merogoh kocek dalam-dalam yakni sekitar US$8.000 (Rp 114,7 juta)-US$25.000. Kendati demikian, itu hanyalah harga kecil yang harus dibayar dibandingkan kebahagiaan mereka bersama kucing-kucing tersebut. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading