Piala Dunia 2018

Rekor! 3 Juta Orang Pesan Jersey Piala Dunia Nigeria

Lifestyle - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
25 June 2018 13:08
Rekor! 3 Juta Orang Pesan Jersey Piala Dunia Nigeria
Jakarta, CNBC Indonesia - Saat perhelatan akbar Piala Dunia 2018 sedang digelar, mudah untuk menemukan penggemar sepakbola di seluruh dunia berlomba-lomba menunjukkan jersey negara favorit mereka. Namun, Anda akan sulit menemukan permintaan merchandise setinggi permintaan untuk perlengkapan tim Elang Super, Nigeria.

Jersey bercorak garis zig-zag putih di atas warna dasar hijau limau yang didesain Nike itu terjual habis dalam hitungan menit setelah diborong penggemar sepakbola yang mengantre untuk membelanjakan US$90 (Rp 1,26 juta) untuk satu jersey, CNBC International melaporkan.

Sebelum tanggal rilisnya 1 Juni lalu, Nike telah menerima sekitar 3 juta pre-order untuk jersey tersebut, menurut Federasi Sepakbola Nigeria (NFF). Itu berarti tim Nigeria telah mencatatkan rekor baru bagi sebuah tim Afrika dan bahkan untuk beberapa tim sepakbola terbesar dunia.


Sebagai perbandingan, klub sepakbola terkaya dunia Manchester United menjual jersey terbanyak secara global sejumlah 2,85 juta buah tahun 2016.

Permintaan tinggi atas jersey Nigeria tidak pernah terjadi sebelumnya, namun desain retronya yang unik telah membuatnya menarik perhatian para penggemar fashion dan olahraga, kata kepala NFF Shefu Diko dalam sebuah wawancara dengan ESPN.

Sejalan dengan meroketnya popularitas, jumlah jersey palsu dengan harga murah juga meningkat dan hal ini memberatkan NFF.

Tahun 2015, organisasi sepakbola itu telah meneken kontrak tiga tahun dengan Nike senilai US$3,75 juta plus bonus US$500.000 jika Elang Super berhasil masuk Piala Dunia 2018 di Rusia. Mereka berhasil masuk ke ajang bergengsi sepakbola dunia itu.

Namun, pemalsuan jersey yang terus terjadi akan memukul kerja sama Nike dan tim Nigeria dan menurunkan nilai merek mereka secara keseluruhan, kata Diko.

Saat ini, Nike tidak berencana untuk menambah persediaan jersey Nigeria, kata cabang perusahaan di Inggris. Keputusan itu mengecewakan banyak penggemar.

Namun, jika Anda benar-benar menginginkan jersey itu, Anda akan dapat menemukannya di situs-situs, seperti eBay, dengan harga hingga US$398 atau tiga kali dari harga sebenarnya.



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading