Jersey Maradona 'Si Tangan Tuhan' Dijual Rp 28 M, Minat?

Lifestyle - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
28 November 2020 09:30
FILE - In this June 29, 1986 file photo, Diego Maradona holds up his team's trophy after Argentina's 3-2 victory over West Germany at the World Cup final soccer match at Atzeca Stadium in Mexico City. The Argentine soccer great who was among the best players ever and who led his country to the 1986 World Cup title before later struggling with cocaine use and obesity, died from a heart attack on Wednesday, Nov. 25, 2020, at his home in Buenos Aires. He was 60. (AP Photo/Carlo Fumagalli, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepergian Diego Maradona selamanya masih menimbulkan kesedihan yang mendalam bagi keluarga dan penggemarnya. Namun, di sisi lain, penggemar bisa merasakan kehadiran Maradona dengan membeli jerseynya.

Sebab, baju atau seragam yang dikenakan Diego saat mencetak gol Hand Of God melawan Inggris di Piala Dunia 1986 di Meksiko akan dijual. Jersey tersebut dijual sebesar US$ 2 juta atau Rp 28 miliar (kurs Rp 14.000/US$).

Penjualan dilakukan oleh mantan pemain Inggris Steve Hodge yang saat ini menjadi pemilik Jersey Maradona. Ia mendapatkan seragam tersebut dari Maradona setelah pertandingan usai.

"Saya berjalan menyusuri terowongan dan Maradona datang ke arah yang berlawanan. Saya hanya menarik baju saya dan kami bertukar di sana," kata Hodge dikutip dari channel news Asia, Sabtu (28/11/2020).

Infografis: Good Bye Legend, Mengenang Maradona si 'Dewa' BolaFoto: Infografis/Good Bye Legend, Mengenang Maradona si 'Dewa' Bola/Arie Pratama



Adapun jersey tersebut saat ini dipajang di Museum Sepak Bola Nasional Inggris di Manchester.

"Sangat sulit untuk mengukur (nilainya) dengan jersey Hand Of God, tapi saya tahu bahwa pemiliknya (Hodge) sedang melakukan penjualan pribadi senilai US$ 2 juta," kata David Amerman dari Goldin Auction di New Jersey.

Namun, dengan kepergian Maradona selamanya saat ini, nilai baju tersebut ditaksir bisa melonjak tajam dari harga saat ini.

"Itu pasti bisa jadi kemungkinan, nilainya melonjak sedikit dalam sepak bola," kata dia.

Perusahaan Amerman menilai harga US$ 2 juta untuk sebuah baju terbilang cukup mahal dan tidak realistis. Tapi kali ini berbeda hal, sebab yang memiliki baju tersebut adalah seorang legenda dalam sepak bola.

"Sangat sulit untuk melihat itu mencapai harga dua juta dolar, tetapi saya juga tidak paham bagaimana mungkin seseorang yang memiliki uang tidak menginginkan sesuatu seperti itu. Anda tidak dapat mengukur nilai pada seragamnya. Tapi jika menemukan orang yang tepat, di tempat yang tepat, itu kemungkinan yang realistis," jelas Amerman.

Apalagi, kartu sepak bola Maradona saat menjadi pemain pemula dulu saat ini bisa dijual seharga US$ 10 ribu per lembar. Padahal beberapa tahun lalu harganya hanya ratusan dolar.

"Saya melihat satu kemarin (setelah kematian Maradona) di online bahwa ada yang menawar US$ 20.000," kata dia.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading