Ini Mobil Tua Termahal di Dunia, Laku Terjual Rp 973 Miliar

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
04 June 2018 14:28
mobil 1963 Ferrari GTO termasuk langka, hanya ada 36 di dunia.
Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak mobil tua atau klasik yang dijual dengan harga tinggi. Namun yang satu ini harganya termasuk fantastis hampir menyentuh angka satu triliun. Mobil yang dimaksud adalah 1963 Ferrari GTO yang laku terjual US$ 70 juta atau sekitar Rp 973 miliar.

Dilansir dari CNBC internasional, sumber mengatakan bahwa mobil itu dijual oleh seorang kolektor asal Jerman ke pendiri WeatherTech, David MacNeil. Harganya diyakini menjadi yang termahal untuk pembelian satu buah mobil.

Menurut Marcel Massini ahli mobil Ferrari, mengatakan bahwa mobil tersebut termasuk langka, hanya ada 36 di dunia. Mobil yang diambil MacNeil mempunyai nilai sejarah yang baik karena pernah memenangkan lomba Tour de France di Le Mans pada 1964.


Warna mobilnya dicat perak dan kuning dan tak pernah mengalami kecelakaan, tidak seperti tipe GTO lainnya. Sebelumnya, mobil dengan tipe yang sama laku terjual US$ 52 juta atau sekitar Rp 722 miliar. Tidak hanya itu, Ferrari dengan tipe serupa juga laku dalam lelang di California dengan harga US$ 38 juta atau sekitar Rp 528 miliar pada 2014.

Mobil jenis Ferrari GTO dianggap sebagai harta paling berharga untuk para kolektor mobil karena langka, kuat, dan bagus. Bahkan ada komunitas GTO Club yang berisi para miliuner termasuk Ralph Lauren, Lawrence Stroll, dan pewaris Walmart Rob Walton.

Massini pun memprediksi bahwa harga GTO akan terus meningkat karena jumlah kolektor Ferrari kian bertambah. Nilainya bisa mencapai miliaran rupiah beberapa tahun mendatang.

"Kami melihat bahwa GTO akan dijual lebih dari US$ 100 juta dalam dua hingga tiga tahun mendatang," ujarnya.



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading