Awas Khilaf, Ini Tips Pakai Kartu Kredit di Luar Negeri

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
04 June 2018 09:55
Awas Khilaf, Ini Tips Pakai Kartu Kredit di Luar Negeri
Jakarta, CNBC Indonesia - Berplesiran ke luar negeri menjadi sebuah hobi dan gaya hidup kekinian. Agar memudahkan treveling ke negeri orang ini salah satu persyaratan yang harus dimiliki adalah kartu kredit.

Dengan kartu kredit di kantong, traveler tidak perlu bersusah payah ke tempat penukaran uang dan membawa uang tunai dalam jumlah banyak.

Meski begitu perlu diketahui bahwa tiap bank penerbit kartu punya kebijakan masing-masing terkait penggunaan kartu kredit di luar negeri.

Lani Darmawan Direktur Konsumer Bank CIMB Niaga  mengatakan bahwa penggunaan kartu kredit di luar negeri biasanya dikenakan biaya administrasi tambahan. Bahkan memungkinkan terkena charge (biaya tambahan) saat melakukan pembelian. 


"Setiap bank penerbit kartu kartu kredit punya kebijakan masing-masing terkait penggunaan kartu kredit di luar negeri. Setiap transaksi belanja menggunakan kartu kredit di luar negeri biasanya akan dikenakan biaya administrasi tambahan oleh penerbit kartu dan juga kemungkinan terkena charge saat melakukan pembelian secara," ujar Lani kepada CNBC Indonesia.

Dia menuturkan bahwa hal tersebut seringkali tidak sadari pengguna kartu kredit. Sehingga Anda harus paham terkait biaya ini untuk menghindari kebingungan atau kejutan ketika Anda menerima tagihan kredit di akhir bulan.

Untuk menghindari kejadian itu, pastikan Anda memilih kartu kredit dengan nilai tukar yang baik. Ambil saja kartu kredit dengan biaya transaksi luar negeri yang lebih rendah selama melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Saat melakukan transaksi di luar negeri cari dan pilihlah kartu kredit yang memberikan nilai tukar bagus. Walaupun tidak banyak  memberikan nilai tukar murah tapi tidak terlalu membebankan pengguna," kata dia.

(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading