Alasan Mengapa Orang-orang Sukses Punya Hewan Peliharaan

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
30 May 2018 12:28
Alasan Mengapa Orang-orang Sukses Punya Hewan Peliharaan
Jakarta, CNBC Indonesia - Sering melihat orang kaya suka jalan-jalan dengan anjing mereka di pagi atau sore hari? Sejumlah orang sukses memang memiliki hewan peliharaan.

Seperti miliuner dari dunia teknologi termasuk pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, atau Elon Musk yang membangun Tesla. Mereka mempunyai binatang kesayangan di rumahnya. Beberapa kantor layaknya Google dan Amazon juga mempunyai lingkungan kerja yang ramah hewan peliharaan.

Mengapa banyak orang sukses menyimpan hewan favorit di rumah mereka? Ternyata salah satunya bisa meredakan stres. Selain itu, ada alasan lain yang membuat para orang kaya suka binatang peliharaan. Berikut tiga alasan mengapa orang-orang sukses memelihara hewan di rumahnya seperti dilansir dari CNBC Make IT.


1. Meredakan stres

Peneliti menunjukkan bahwa hewan peliharaan dapat membantu menurunkan tingkat stres dan cemas. Dalam sebuah penelitian, para partisipan dihadapkan pada situasi tertekan kemudian ditugaskan untuk membelai binatang mainan. Namun hal tersebut tidak mempengaruhi tekanan pada pikiran mereka.

Berbeda ketika para responden diminta mengelus hewan sesungguhnya bisa membuat mereka lebih tenang bahkan yang sebelumnya mengatakan tidak suka binatang. Studi menunjukkan kalau hewan peliharaan bisa memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan mental dan emosi.

Dalam penelitian lain juga ditemukan kalau hewan bisa mengurangi tingkat stres pada ujian mahasiswa. Sementara banyak orang dewasa yang terbiasa kerja di bawah tekanan dapat menemukan kebahagiaan tersendiri saat bermain dengan hewan peliharaan mereka.

2. Meningkatkan mood

Hewan peliharaan bisa membantu mencegah perasaan sedih atau depresi ringan. Studi pun menemukan kalau bermain bersama hewan bisa meningkatkan mood menjadi lebih positif dan menyebabkan otak Anda melepaskan neurotransmitters yang baik seperti oksitosin, menciptakan rasa tenang, serotonin, dan mengatur suasana hati.

3. Membantu bersosialisasi

Hewan peliharaan tak hanya mampu menjadi penawar stres dan meningkatkan mood tapi juga bisa membantu Anda bersosialisasi serta memperluas networking. Sebuah penelitian mengungkap bahwa pemilik hewan peliharaan mempunyai kemungkinan 60% lebih tinggi untuk mengenal orang baru daripada yang tidak.

Dengan banyak mengenal orang baru, peneliti mengatakan bahwa pertemanan yang luas bisa membantu Anda menggapai sukses. Mulai dari kecocokan dengan saling memiliki hewan peliharaan hingga bisa menjadi rekan bisnis tentu akan membuka peluang yang lebih besar untuk sukses.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading