Ingin Kaya? Pengeluaran Sepele Ini Perlu Dihindari

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
24 May 2018 11:12
Mengontrol pengeluaran kecil adalah cara baik untuk mulai mengumpulan pundi-pundi kekayaan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Tak sedikit orang yang tanpa sadar mengeluarkan uang untuk hal-hal tidak perlu. Padahal jika Anda memperhatikan dan berusaha menghindari pengeluaran tersebut dapat memberikan pemasukan tambahan yang terduga.

Miliuner Chris Reining mengatakan bahwa banyak orang mengingatkan dirinya untuk tidak perlu khawatir akan pengeluaran kecil seperti jajan kopi US$ 5. Namun tidak bagi Chris, mengontrol pengeluaran kecil adalah cara baik untuk mulai mengumpulan pundi-pundi kekayaan.

"Saya tahu beberapa orang mengatakan kalau tidak perlu khawatir dengan pengeluaran kecil. Tapi saya pikir dengan tidak mengeluarkan uang untuk itu menjadi cara terbaik mulai menabung," ujar Chris kepada CNBC Make It.


Berikut lima pengeluaran sepele yang perlu dihindari jika ingin kaya dengan mengalihkannya ke tabungan.

1. Pembelian Impulsif

Pembelian yang impulsif membuat orang cenderung boros dan sulit menabung. Belanja di toko grosir atau pusat perbelanjaan tanpa sadar bisa mengeluarkan uang yang cukup besar, terutama jika terjadi secara rutin setiap habis gajian.

Belum lagi ketika tergoda dengan teknik pemilik toko grosir yang menyajikan minuman bersoda, permen, dan pernak-pernik lain di sekitar kasir sehingga Anda membelinya. Ini membuat Anda sulit menabung apalagi menjadi kaya.

Cobalah bawa catatan kebutuhan yang ingin dibeli sebelum berangkat ke toko grosir atau department store untuk mengontrol pembelian agar tidak impulsif.

2. Ikut Layanan Online

Beberapa milenial tanpa sadar suka mengeluarkan uang dalam jumlah yang kecil tapi rutin seperti ikut gym atau layanan musik maupun video streaming. Pengeluaran ini terlihat sepele tapi jika berlangsung setiap bulan maka bisa menimbun uang yang besar.

"Banyak anak muda yang mendaftar gym 30 hari free trial dan berencana untuk menyudahinya setelah satu bulan namun mereka lupa. Atau mereka mendaftar untuk berbagai streaming dan mendiamkannya saja walau tak digunakan. Meskipun jumlahnya kecil tapi Anda tetap saja membuang uang dan setiap bulan terus bertambah," ujar penulis David Pogue dalam bukunya yang berjudul 'Pogue's Basics: Money' seperti dilansir dari CNBC Make It.

3. Beli Makan Siang

Anda selalu makan siang di luar? Jika iya maka Anda akan sulit menjadi kaya. Makan di luar setiap hari sangatlah boros belum lagi jika memesannya lewat aplikasi online. Sebenarnya tidak masalah ketika ingin memanjakan diri sesekali dengan memesan makanan di luar tapi kalau setiap hari tentu membuat Anda sangat boros.

Ketika memilih membeli makan di luar maka Anda tak hanya mengeluarkan uang untuk makanan tapi juga minuman. Belum lagi saat Anda tergoda dengan berbagai ragam minuman atau snack menarik hanya demi memenuhi nafsu. Cobalah sesekali bawa bekal dalam sebulan dan lihat apa yang terjadi.

4. Langganan Televisi Berbayar

Langganan televisi berbayar menjadi pengeluaran sepele yang perlu dihindari jika ingin kaya. Banyak orang berlangganan televisi berbayar dengan channel penuh tapi sebenarnya jarang dipakai. Coba pikirkan lagi, channel mana saja yang Anda perlukan sehingga bisa memangkas biaya untuk pengeluaran ini.

5. Demi Gengsi

Demi gengsi, banyak milenial yang rela mengeluarkan uang untuk mengikuti standar teman-teman. Bahkan mereka rela berutang untuk selalu terlihat 'baik' di mata teman. Jika Anda bisa mengontrol diri dan ego maka akan banyak pengeluaran yang dapat ditekan.




(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading