Dari Wakanda, Baju Koko Black Panther Laris di Tanah Abang

Lifestyle - Ratelia Nabila Syahla, CNBC Indonesia
21 May 2018 16:12
Dari Wakanda, Baju Koko Black Panther Laris di Tanah Abang
Jakarta, CNBC Indonesia- Di film Black Panther, Raja T'Challa berjanji bahwa Wakanda akan mulai terbuka dan berbagi komoditas berharganya ke dunia. Apakah itu termasuk ekspor baju koko yang dipakai oleh sang raja?

Cobalah berkunjung ke Pasar Tanah Abang, sekali tengok baju koko a la T'challa di Black Panther ada di mana-mana, seakan diimpor langsung dari Wakanda ke Tanah Abang agar semua orang bisa berbusana seperti raja dari Afrika.

Wakanda dan Black Panther memang sekadar fiksi, tapi demamnya tak kunjung reda dan masih digilai oleh orang-orang di Indonesia. Gaya busana Chadwick Boseman di film itu, seperti sudah diduga, dibaca sebagai peluang oleh para pedagang di Tanah Abang dengan cepat.


Toh, si pedagang pikir lebih mudah mengikuti gaya Raja Wakanda ketimbang raja dangdut yang cenderung heboh.

Para pedagang mengaku, permintaan baju koko model Black Panther masih cukup tinggi meskipun filmya sendiri sudah tidak beredar di pasaran sejak sebulan yang lalu. Ridwan, salah satu penjual baju koko di Pasar Tanah Abang mengaku tren baju koko ini makin dicari masuk Ramadan ini.

"Baju koko sekarang, yang masih dicari itu kebanyakan yang modelnya kaya di film itu Black Panther. Orang di sini, udah cukup familiar tinggal bilang model Black Panther langsung kami sediakan Cuma harus cepat karena banyak yang mau", ujar Ridwan, Senin (21/5/2018).

Berapa harga untuk beli baju koko Black Panther?

Menurut Ridwan, harga yang dibanderol untuk baju koko Black Panther di kisaran harga Rp 223 ribu berbeda dengan baju koko standar lainnya yang dijual Rp 70 ribu hingga 80 ribu. Maklum, baju raja jadi lebih mahal sedikit ketimbang model lainnya.

Namanya baju raja, kata Ridwan, bukan cuma sekedar model yang mirip seperti di film tapi juga bahan lebih berkualitas. "Kalo baju koko Black Panther, kenapa mahal? Karena dari segi bahannya beda kami menggunakan bahan yang lebih tebal dan didatangkan khusus dari Tasikmalaya. Hargannya kalo dicek tiap toko sama Rp 200 ribuan," jelasnya.

Dari Wakanda, Baju Koko Black Phanter Laris di Tanah Abang


Lah, ternyata dari Tasikmalaya. Lalu, kalau baju 'koko' yang dipakai Chadwick Boseman bagaimana?

Nah, kalau baju koko versi original ini dirancang oleh dirancang oleh Ruth E Carter, designer yang telah dua kali masuk dalam nominasi Oscar untuk kategori kostum terbaik. Dilansir dari Vulture, Carter terinspirasi oleh budaya Negara dalam membuat baju sang raja.



(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading