Milenial, Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Sewa Apartemen

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
18 May 2018 12:50
Milenial ingin sewa apartemen, simak tips berikut ini agar tak terkena jebakan harga lebih mahal.
Jakarta, CNBC Indonesia- Milenial kini banyak yang lebih memilih hunian berupa apartemen. Anak muda berusia 22 sampai 37 tahun akhirnya memutuskan pindah dari rumah orangtua dan menyewa untuk pertama kalinya.

Ketika datang untuk menyewa apartemen, banyak milenial yang melakukan kesalahan sehingga bisa merugikan mereka. Hal tersebut diungkap oleh Gary Saharov, makelar dari Caliber Associates yang berbasis di New York, Amerika Serikat.

"Generasi milenial membuat banyak kesalahan ketika mereka mencari apartemen karena tidak mempertimbangkan segala sesuatu yang perlu diketahui," ujar Gary seperti dilansir dari CNBC Make It. 


Berikut 4 kesalahan yang harus dihindari: 

1. Hanya Mencari Lewat Online

Kini penyewaan apartemen atau rumah bisa dilakukan melalui online. Tak sedikit milenial yang langsung menyewa apartemen dari online tanpa melihat terlebih dahulu. Terkadang, foto yang ditampilkan tak sesuai dengan aslinya. Untuk itu, milenial disarankan melakukan survei terlebih dahulu sebelum membayar DP atau melunasi seluruh transaksi.

Tidak hanya itu, seharusnya milenial bisa mendapatkan apartemen lebih bagus dengan harga terjangkau jika mau mencoba mencari secara konvensional. Banyak bertanya kepada rekan kerja atau teman dekat bisa menjadi solusi mendapat apartemen yang bagus. Umumnya, rekomendasi dari kerabat akan membawa Anda ke hunian yang lebih baik.

2. Menyewa Saat High Season

Banyak milenial yang tidak mengetahui kapan waktu high season menyewa apartemen. Gary mengatakan bahwa musim high season biasanya mulai April sampai September. Ini karena banyak lulusan baru yang berburu apartemen untuk tempat tinggal mereka. Hindari bulan-bulan tersebut agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

"Bulan seperti Desember dan Januari bukan high season. Anda bisa menemukan harga yang lebih murah di bulan tersebut, bedanya bisa US$ 50 hingga US$ 150 sebulan," ujar Gary.

3. Terlalu Terburu-buru

Banyak anak muda yang mencari apartemen dua minggu sebelum pindah. Jangan terburu-buru dalam mencari apartemen karena hasilnya akan kurang maksimal. Gary memberitahukan kalau waktu terbaik untuk menyewa apartemen sekitar satu bulan sebelum pindah.

"Waktu terbaik membuat keputusan adalah 30 hari atau 24 hari sebelum pindah," ujar Gary.

4. Kurang Teliti

Tak sedikit milenial yang kurang teliti ketika memilih apartemen. Jangan karena pemiliknya ramah maka Anda langsung menyewa apartemen tersebut. Anda berpikir sudah sangat percaya dengan pemilik hunian.

Anda harus lebih teliti dalam memilih apartemen, melihat dari sisi keamanan terutama. Kemudian bagaimana sistem keluar-masuk jika Anda terlambat pulang apakah menyulitkan atau tidak. Cari apartemen yang fleksibel dan sesuai kebutuhan.


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading