Ogah Repot, 60% Milenial Pilih Apartemen Ketimbang Rumah

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
10 April 2018 19:01
Ketika milenial ingin membeli properti maka mereka memperhatikan segala aspek. Tak heran bila 60% milenial memilih membeli apartemen dibandingkan landed house.
Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak milenial yang mulai sadar untuk membeli properti terutama buat dirinya sendiri. Seperti apa kriteria properti yang dilirik milenial?

Menurut Ketua DPD Arebi (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia) DKI Jakarta Clement Francis, ketika milenial ingin membeli properti maka mereka memperhatikan segala aspek, tak hanya harga, tapi juga praktis dan mudah dijangkau. Tak heran bila 60% milenial memilih membeli apartemen dibandingkan landed house.


"Mereka nggak mau pusing makanya milenial lebih suka beli apartemen karena semua sudah tersedia. Kurang lebih 60% milenial pilih beli apartemen dibanding rumah," ujar Clement saat berbincang dengan CNBC Indonesia di JPEx 2018, Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa (10/4/2018).


Tak hanya itu, Clement pun menilai kalau kaum milenial mencari lokasi yang strategis dan dekat dengan fasilitas kota seperti mal, taman, atau sarana lainnya. Kemudahan menjangkau transportasi publik juga menjadi pertimbangan para milenial saat ini.

Namun demikian, harga tetap menjadi yang utama bagi milenial karena kemampuan finansial mereka masih belum stabil. Belum lagi sifat konsumtif demi memenuhi eksistensi dan gaya hidup membuat milenial mencari hunian dengan harga terjangkau serta sistem pembayaran jangka panjang.

"Mereka mencari yang murah karena harus membagi penghasilannya untuk memenuhu gaya hidup dan properti ini. Rata-rata milenial membeli properti di bawah Rp 1 miliar," kata Clement.

Untuk mendapatkan harga yang terjangkau, Clement mengatakan kalau banyak milenial mencari hunian di pinggiran Jakarta, terutama Bekasi dan Tangerang Selatan. Kedua kawasan tersebut diakui Clement mempunyai pertumbuhan yang signifikan baik secara properti maupun akses transportasi umumnya.

"Di Jakarta itu mahal, kalau Bekasi dan Tangerang sekarang transportasi umumnya semakin mudah dan pemerintah juga banyak membangun infrastruktur jalan bisa mempermudah dan menarik kaum milenial," tambahnya.
(ara/ara)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading