Milenial Banyak Kunjungi Museum Demi Percantik Media Sosial

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
26 April 2018 12:30
Milenial Banyak Kunjungi Museum Demi Percantik Media Sosial
Jakarta, CNBC Indonesia- Museum Bank Indonesia (BI) merupakan salah satu destinasi wisata lokal di Kota Tua. Junanto Herdiawan selaku Group Head Communication Department, Bank Indonesia, mengatakan bahwa pengunjung Museum BI selalu meningkat setiap tahunnya.

Pria dengan sapaan akrab Iwan itu juga menyebut kalau minat masyarakat lokal maupun internasional yang datang ke Museum BI masih tinggi. Kini setiap hari pengunjung Museum BI sekitar 2 ribu orang.




"Per hari bisa 2 ribu, dari sekolah-sekolah seluruh Indonesia, masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, dan pecinta museum. Museum BI ini menarik karena dia menceritakan mengenai sejarah bagaimana sistem keuangan Indonesia, bagaimana uang diciptakan, Rupiah naik-turun ada di sini. Banyak anak muda belajar sejarah," jelas Iwan saat diwawancarai CNBC Indonesia di Museum BI, Kota, Jakarta Barat, Rabu (25/4/2018).

Dari data yang ada, Iwan mengatakan bahwa pengunjung dengan usia milenial semakin meningkat dalam beberapa tahun belakangan. Mereka yang datang diakui Iwan tak hanya sekadar ingin belajar mengenai sejarah perekonomian Indonesia tapi juga foto-foto demi eksistensi.

Pria yang pernah menjabat sebagai Head of Fintech Office, Bank Indonesia itu menilai kalau milenial sekarang suka hal-hal yang bisa mempercantik fotonya di Instagram. Maka dari itu, tak heran bila bentuk bangunan museum BI serta dekorasi vintage di dalamnya menarik perhatian milenial untuk berkunjung.

"Milenial ini sifatnya suka yang digital kayak cari tempat Instagramable, bisa upload di socmed,  dan gedung ini sangat Instagramable. Makanya pengunjung milenial ini jumlahnya meningkat cuma harus dilihat dulu berapa persen datanya. Mereka datang buat foto-foto sekaligus belajar. Milenial datang ke sini juga untuk keindahan heritage," kata Iwan lagi.

Dalam menggarap pasar milenial untuk datang ke museum, BI juga bekerjasama dengan berbagai komunitas anak muda dan masyarakat sekitar. Ragam kegiatan diselenggarakan untuk menjadikan museum menjadi tempat yang menyenangkan. Iwan berharap Museum BI tak hanya sekadar sebagai ruang tata pamer tapi juga kaya akan kegiatan budaya, sosial, serta edukasi.


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading