Ini Konsekuensi Jika Tak Bayar Penuh Tagihan Kartu Kredit

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
20 April 2018 12:03
Ini Konsekuensi Jika Tak Bayar Penuh Tagihan Kartu Kredit
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebagian orang menggunakan kartu kredit secara tidak bijak. Ini pula yang terjadi pada setengah warga Amerika Serikat yang menunggak saldo kartu kredit selama dua tahun atau lebih dari US$6.081 (Rp 83 juta).


Kesalahan mereka, tidak membayar penuh tagihan utang kartu kredit. Hal tersebut tentunya membuat jumlah tunggakan bertambah dan bunga yang dikenakan meningkat karena dianggap memiliki risiko tinggi.


Untuk memberi gambaran seberapa besar biaya yang harus ditanggung jika melakukan pembayaran minimum pada tagihan kartu kredit, situs keuangan pribadi NerdWallet mengolah angka dan menentukan biaya bunga untuk melunasi utang. Asumsinya, utang kartu kredit US$6.081 (Rp 83 juta) dan bunga 14,99% per tahun.


Ini Konsekuensi Jika Tak Bayar Penuh Tagihan Kartu KreditFoto: IST

Idealnya memang setiap tagihan kartu kredit harus dibayar penuh agar tidak membayar bunga kartu kredit. Namun, seperti yang ditunjukkan pada bagan, pembayaran US$100 plus cicilan minimum akan membuat Anda berhemat ribuan dolar setipa bulannya.

NerdWallet juga mencatat bahwa hanya membayar minimum berarti Anda akan terbebani pembayaran cicilan selama bertahun-tahun.Kalau semua tagihan dibayar tepat waktu dan jumlah yang tepat Anda tidak akan terkena bunga kartu kredit.


Berapa lama waktu yang dibutuhkan melunasi utang kartu kredit US$6.081 jika Anda:

Jika hanya membayar cicilan minimum: 169 bulan (sekitar 14 tahun).

Melakukan dua kali pembayaran minimum: 60 bulan (sekitar 5,5 tahun)

Membayar minimum plus US$100: 41 bulan (sekitar 3,5 tahun).

Jika Anda sudah berhutang, ada dua cara populer untuk mengatasinya, seperti memprioritaskan pembayaran utang dengan suku bunga tertinggi terlebih dahulu, atau menyelesaikan utang terkecil terlebih dahulu. 


Setelah Anda bebas utang, biasakan melakukan pembayaran secara penuh. Ini akan menghemat uang Anda dalam ribuan dollar atau puluhan juta.

Pikirkan setiap kali Anda menggesek kartu kredit tentang bagaimana cara membayarnya. Jangan sampai menyesal di akhirnya. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading