60% Belanja Barang Elektronik Online Dilakukan Pria

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
10 March 2018 12:31
60% Belanja Barang Elektronik Online Dilakukan Pria
Jakarta, CNBC Indonesia - Deloitte Consumer Insights Survey (2017), melansir sekitar 60% aktivitas belanja online untuk pembelian elektronik dilakukan oleh pria. Jenis barang elektronik yang banyak dibeli secara online oleh pria adalah smartphone.

Pemerhati e-commerce Kun Arief Cahyantoro mengatakan tren pembelian elektronik secara online akan terus berkembang. "Belanja elektronik melalui online kini mulai meningkat. Sekitar 60% pembelian elektronik di Shopee dilakukan oleh pria. Biasanya mereka itu membeli smartphone, peralatan gaming, speaker, dan CCTV," ujar Kun kepada CNBC Indonesia.

Dia menuturkan bahwa pada kalangan wanita mereka sering membeli produk aksesori, handphone, mesin jahit, mouse, dan polaroid. Pembelian produk elektronik sudah merata di seluruh daerah di Indonesia, dan paling banyak berasal dari pulau Jawa.


Kun mengimbau, sebagai penyedia platform e-commerce, para pemain juga harus lebih memahami kebutuhan dan preferensi belanja online penggunanya. Sehingga hal tersebut dapat memberikan pengalaman belanja online yang terbaik.

"Saya melihat adanya peningkatan ini umumnya disebabkan oleh upaya untuk mewujudkan ekosistem belanja online yang positif dari berbagai pihak. Dengan demikian, sebagai penyedia platform e-commerce para pemain harus lebih selektif dan memahami kebutuhan belanja online penggunanya," ucap dia. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading