Baru Tayang, 'Black Panther' Raup Rp 2,8 Triliun

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
18 February 2018 10:21
Baru Tayang, 'Black Panther' Raup Rp 2,8 Triliun
Jakarta, CNBC Indonesia - Film 'Black Panther' sedang merajai box office di Amerika Serikat saat ini dan ramai diperbincangkan. Tak jauh berbeda, di Indonesia hampir semua layar bioskop sedang menanyangkan film ini. 

Menariknya, baru beberapa hari tayang, film tersebut diperkirakan sudah menghasilkan lebih dari US$ 210 juta atau sekitar Rp 2,84 triliun dari pertama kali diputar hingga akhir pekan di 4.020 lokasi di Amerika Utara.

Dilansir dari Variety, film superhero produksi Marvel itu awalnya diprediksi menghasilkan antara US$ 100 juta hingga US$ 120 juta. Namun saat penanyangan perdana film semakin dekat, prediksi keuntungan semakin besar setelah melihat banyaknya pemesanan tiket serta mendapat review positif sebelum penayangan.

Film yang tayang di Indonesia pada 14 Februari lalu itu sudah mendapat keuntungan hampir US$ 76 juta atau Rp 1 triliun pada Jumat (16/2). Lalu angka meningkat hingga Rp 2,8 triliun di akhir pekan. Angka tersebut mampu menggeser film 'Deadpool' yang mencapai US$ 150 juta atau Rp 2 triliun pada 2016.


'Black Panther' juga membawa keuntungan besar untuk deretan bioskop di kawasan Atlanta, Baldwin Hills, dan Harlem, berdasarkan dari data pra-penjualan tiket. Keuntungan yang diraih dari film tersebut mampu menutupi biaya produksi yang lebih besar daripada film superhero Marvel lainnya. Film besutan Ryan Coogler itu memakan anggaran hingga US$ 200 juta atau Rp 2,7 triliun.

Biaya yang besar disebut bos Marvel, Kevin Feige, agar penonton bisa mendapatkan gambar berkualitas. Mereka berusaha untuk menghidupkan latar belakang dari film itu yakni sebuah negara tak terjamah di Afrika, Wakanda. Belum lagi detail serta cerita yang mengangkat isu budaya dan politik.

Film 'Black Panther' berpusat pada T'Challa yang diperankan oleh Chadwick Boseman. T'Challa dinobatkan sebagai Raja Wakanda sepeninggal ayahnya lalu mengalami berbagai konflik tentang kekuasaan. Selain Chadwick Boseman, film berdurasi 134 menit itu juga menonjolkan aktor Michael B. Jordan, Lupita Nyong'o, Letitia Wright, Andy Serkis, Danai Gurita, hingga Daniel Kaluuya.
 
(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading