Potong 10 Pengeluaran Ini Agar Rekening Menggendut di 2018

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
08 January 2018 17:54
Potong 10 Pengeluaran Ini Agar Rekening Menggendut di 2018
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebenarnya, sebagian dari kita dapat dengan mudah menghemat pengeluaran untuk hal tertentu. Misalnya, kita dapat menghitung jumlah pengeluaran tahun lalu, termasuk biaya untuk transportasi dan total uang yang kita keluarkan untuk nongkrong di kedai kopi populer.

Jika Anda ingin menambah tabungan di 2018, mulailah dengan mengidentifikasi ke mana uang Anda sering terbuang percuma, dilansir dari CNBC Make It.

Apakah beberapa pengeluaran di bawah ini tidak asing di telinga Anda? Jika ya, cobalah menghapuskan mereka dari daftar pengeluaran dan mengalihkannya ke rekening tabungan atau pensiun Anda sehingga dana tersebut bisa bertambah secara signifikan dari waktu ke waktu.



1. Biaya ATM

Bank-bank biasanya mengenakan biaya tinggi untuk penarikan uang dari anjungan tunai mandiri (ATM) di luar jaringannya. Tidak ada alasan untuk terus membayar biaya yang bisa bertambah secara signifikan dari waktu ke waktu itu. Jadi, resolusi pertama 2018 ini sederhana: Jika logo bank Anda tidak ada di mesin ATM, jangan gunakan itu.


2. Biaya Keterlambatan

Seperti biaya ATM, biaya keterlambatan adalah pengeluaran yang sebetulnya tidak perlu dan menimbulkan lebih banyak kerugian daripada sekadar membayar biaya tagihan dan bunganya. Melewatkan pembayaran juga dapat membuat nilai laporan kredit Anda menjadi lebih rendah, yang mengakibatkan Anda kesulitan untuk melakukan pinjaman dan pembelian barang dengan nilai yang lebih besar, seperti rumah dan mobil, di kemudian hari.

Jangan pernah lupa membayar tagihan dengan cara memasang pengingat pembayaran daring otomatis untuk pengeluaran rutin seperti layanan televisi berbayar, internet, dan asuransi. Untuk pengeluaran yang tidak bisa dibayarkan secara daring, seperti biaya sewa, pasanglah alarm kalender dan bayarlah tagihan di tanggal yang sama setiap bulannya sehingga hal itu bisa menjadi rutinitas dengan sendirinya.


3. Biaya Langganan yang Tidak Digunakan

Ketika Anda melakukan perbaikan dan pembersihan rumah di awal tahun baru, jangan lupa ‘perbaiki dan bersihkan’ juga semua langganan yang pernah Anda daftarkan namun tidak digunakan.

Lihatlah beberapa laporan kartu kredit terakhir Anda dan cari tahu persis apa yang Anda bayar, apakah itu langganan majalah, perangkat lunak, atau layanan daring. Selanjutnya, tanyai diri Anda tagihan mana yang bisa Anda hilangkan, dan berhentilah berlangganan untuk menghemat pengeluaran dalam setahun.

Anda dapat menggunakan Trim, yang dapat secara otomatis mencari dan membatalkan keikutsertaan Anda lewat pesan singkat.


4. Makan Siang

Biaya makan di luar dapat bertambah dengan cepat. Ketika Anda membawa bekal makan siang dari rumah, pengeluaran biaya makan akan dapat dikurangi secara signifikan. Ditambah lagi, membawa bekal sendiri membuat Anda bisa mengukur porsi makanan dengan pas.

Tentu sah-sah saja menyenangkan diri Anda dengan sesekali membeli makanan di luar. Namun, jika Anda berencana mencapai target keuangan di 2018, memasak dan membawa makanan rumahan sendiri merupakan cara mudah untuk berhemat tanpa perlu membuat pengorbanan yang berarti.


5. Air Minum

Ketika anda memulai kebiasaan membawa bekal makanan sendiri, mulailah membawa air minum juga.

Membeli air dalam botol ataupun kopi saat menuju ke tempat kerja memang mudah sekali dilakukan tanpa kerepotan berarti. Namun, uang yang dikeluarkan untuk hal tersebut akan sangat memengaruhi rencana menabung Anda di 2018.


6. Biaya Keanggotaan Pusat Kebugaran

Jika Anda adalah penggila olahraga, tidak masalah bagi Anda untuk mengeluarkan biaya keanggotaan pusat kebugaran. Namun, jika Anda sendiri lupa kapan kali terakhir menginjakan kaki di tempat itu, mungkin ada baiknya membatalkan keanggotaan Anda.

Lagipula, jika Anda tergerak untuk berolah raga, masih banyak cara yang bisa dilakukan tanpa harus pergi ke pusat kebugaran, seperti mencoba mengikuti cara berolahraga di rumah dari situs YouTube, berjalan, bersepeda, mendaki, mengunduh sebanyak mungkin aplikasi olahraga atau bahkan bergabung dengan klub lari.


7. Layanan Televisi Berbayar

Rata-rata orang Amerika Serikat menghabiskan lebih dari $100 (Rp 1,3 juta) sebulan untuk layanan televisi berbayar. Kadang, biaya tinggi harus dibayarkan untuk layanan yang seringnya tidak memberikan banyak manfaat bagi Anda.

Pertimbangkan untuk memutuskan sambungan layanan televisi berbayar di 2018 dan mengalihkannya ke layanan streaming, seperti Netflix, Hulu, atau HBO Now.


8. Belanja Bahan Makanan yang Berlebihan

Umumnya, kita membuang banyak sekali makanan. Setiap kali Anda membuang makanan berlebih, itu sama saja dengan membuang uang.

Sebelum Anda pergi berbelanja, pikirkan makanan apa yang ingin Anda buat selama seminggu dan tuliskan dengan pasti bahan-bahan yang akan Anda butuhkan untuk mempersiapkan makanan tersebut. Saat Anda benar-benar pergi berbelanja, belilah hanya bahan-bahan yang memang ada di catatan Anda .


9. Produk Bermerek

Membeli produk murah tanpa merk, terutama untuk bahan makanan tertentu, perlengkapan mandi, atau perlengkapan hewan peliharaan, merupakan cara mudah untuk berhemat.

Anda tidak harus melulu membeli produk tanpa merek. Pilihlah mana yang memang benar-benar penting untuk Anda dan mana yang bisa Anda nomor duakan. Kemudian, belilah produk yang sangat Anda inginkan dengan merek terbaik dan untuk sisanya belilah produk tanpa merek.


10. Hasrat Berbelanja

Dari toko grosir sampai pusat perbelanjaan besar, pedagang memiliki cara sendiri untuk membuat anda mengeluarkan uang tanpa pikir panjang. Salah satu taktiknya adalah dengan mengisi lorong kasir dengan produk yang menggoda: minuman soda dingin, permen dan pernak-pernik berharga murah yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Jadikan ‘mengabaikan permen dan majalah’ sebagai salah satu resolusi 2018. Anda tidak akan gagal menahan keinginan berbelanja barang-barang yang tidak penting dan rekening bank Anda akan berterima kasih. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading