Internasional

Top! Ngefans Warren Buffett, Bocah 12 Tahun Cuan 43% di Saham

Investment - Aldo Fernando, CNBC Indonesia
10 February 2021 17:18
Kwon Joon

Jakarta, CNBC Indonesia -  Seorang anak laki-laki asal Korea Selatan (Korsel) bernama Kwon Joon mempunyai kebiasan baru sekarang, yakni menonton berita bisnis. Bocah yang bermimpi menjadi "the next Warren Buffett" ini berhasil untung sebesar 43% dari hobinya membeli saham yang dimulai tahun lalu.

Awalnya, Kwon membujuk ibunya untuk membukakan akun trading saham pada April tahun lalu dengan bermodalkan 25 juta won atau sekitar Rp 316,50 juta (kurs Rp 12,66/won) sebagai modal awal.

Mujurnya, pembukaan rekening Kwon tepat bersamaan ketika indeks acuan KOSPI di Bursa Korea Selatan mulai pulih dari penurunan terbesarnya selama satu dasawarsa.


"Saya benar-benar membujuk orang tua saya untuk melakukannya, karena saya percaya kepada seorang ahli yang mengatakan (di televisi) bahwa ini adalah kesempatan sekali dalam satu dekade," ujar Kwon, seperti dikutip dari Reuters (9/2/2021).

"Panutan saya adalah Warren Buffett," katanya lagi.

"Ketimbang fokus pada perdagangan jangka pendek [trading], saya ingin menahan investasi saya selama 10 sampai 20 tahun dengan perspektif jangka panjang, semoga bisa memaksimalkan keuntungan saya," kata anak laki-laki berusia 12 tahun ini.

Sebagai informasi, Warren Buffett adalah salah satu orang terkaya dunia, pemilik perusahaan investasi Berkshire Hathaway Inc, dan investor saham paling sukses di dunia.

Bloomberg Billionaires Index menempatkan Buffett di urutan nomor 9 dunia, dengan kekayaan bersih US$ 91 miliar atau setara Rp 1.274 triliun (kurs Rp 14.000/US$).

Kwon, yang ingin mengejar "investasi nilai" dengan mengoleksi saham blue chip, mengumpulkan dana untuk investasi saham dengan berbagai cara, mulai dari hadiah, berjualan mainan mobil mini, sampai menjalankan mesin penjual otomatis.

Ia telah menjadi ikon yang memimpin kebangkitan perdagangan ritel di tengah pandemi Covid-9.

NEXT: Saham apa saja yang dibeli?

Apa Saja Saham yang Diborong?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading