Gelap Ibu-ibu! 3 Hari Harga Emas Antam Ambrol 3,8%

Investment - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
12 November 2020 09:40
Ilustrasi emas (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang (Antam) Tbk. turun lagi pada perdagangan Kamis (12/11/2020), tertahan di level terendah dalam hampir 4 bulan terakhir. Harga emas dunia yang kembali melemah pada perdagangan Rabu menyeret terus harga logam mulia di dalam negeri.

Melansir data dari situs resmi milik PT Antam, logammulia.com, emas batangan satuan 1 gram hari ini dibanderol Rp 968.0000/batang, melemah 0,21% dibandingkan harga kemarin. Dengan demikian, dalam 3 hari terakhir emas Antam satuan 1 gram sudah ambrol 3,78%, dan berada di level terendah sejak 21 Juli lalu.


Sementara itu, satuan 100 gram yang biasa jadi acuan dihargai Rp 91.012.000/batang atau Rp 910.120/gram, turun 0,22%.

Harga emas dunia kemarin melemah 0,63% ke US$ 1.864,71/troy ons, akibat dolar Amerika Serikat (AS) yang perlahan mulai bangkit. Dolar AS dan emas cenderung memiliki korelasi negatif, artinya saat dolar naik harga emas akan turun, dan sebaliknya.

Indeks yang mengukur kekuatan dolar AS (DXY) kemarin menguat ini naik 0,32%, dan dalam 3 hari terakhir tercatat melesat 0,88%.

Pelaku pasar melihat prospek bangkitnya perekonomian AS setelah adanya vaksin virus corona dari Pfizer yang dikatakan efektif menangkal virus hingga lebih dari 90%.
Kabar vaksin dari Pfizer tersebut membuat harga emas dunia ambrol 4,6% pada perdagangan Selasa, yang pada akhirnya menyeret harga emas Antam.

Sentimen pelaku pasar langsung membaik setelah Pfizer mengumumkan hasil tersebut hari Senin malam, aset-aset berisiko kembali diburu, dan aset safe haven seperti emas dan tanpa imbal hasil menjadi tidak menarik lagi.

Selain itu, kemungkinan perekonomian AS bangkit lebih cepat setelah vaksin mulai didistribusikan membuat prospek stimulus fiskal yang akan digelontorkan pemerintah AS menjadi lebih kecil nilainya. Stimulus fiskal merupakan salah satu bahan bakar emas untuk menguat, sehingga jika stimulus yang digelontorkan kecil, emas menjadi kurang bertenaga.

Artinya, vaksin Pfizer memberikan 3 pukulan bagi emas, dari penguatan dolar AS, membaiknya sentimen pelaku pasar, dan prospek nilai stimulus fiskal yang lebih kecil.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading