Reksa Dana

Kinerja September: RD Pendapatan Tetap & Pasar Uang Jawara!

Investment - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
03 October 2019 07:56
Kinerja September: RD Pendapatan Tetap & Pasar Uang Jawara! Foto: Reksa Dana (CNBC Indonesia)
Jakarta, CNBC Indonesia - Kinerja produk reksa dana (RD) pendapatan tetap dan RD pasar uang menjadi jenis reksa dana yang positif pada periode September 2019, sedangkan dua jenis reksa dana lain masih negatif yakni RD saham dan RD campuran.

Kenaikan dua jenis produk itu pada September masing-masing 0,79% dan 0,48%. Pencapaian ini juga sama dengan performa kedua jenis instrumen ini pada Agustus lalu.

RD pendapatan tetap diwakili oleh Infovesta Fixed Income Fund Index 90 dan RD pasar uang dicerminkan oleh Infovesta Money Market Fund 90 keluaran PT Infovesta Utama.

Pada Agustus, kinerja RD pendapatan tetap dan RD pasar uang positif, dan dua jenis produk lain yaitu RD campuran dan RD saham berkinerja di bawah garis nol.



 
 

Pergerakan kinerja seluruh jenis reksa dana memang searah dengan pasar saham dan pasar obligasi, di mana sepanjang September terjadi koreksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebesar 2,52% dan penguatan Indeks IBPA Government Total Return 1,05%.

Kinerja Indeks IBPA Government Total Return September jauh lebih tinggi dibanding rerata dalam 4 tahun terakhir yaitu 0,28%, yang terutama disebabkan tren penurunan suku bunga acuan yaitu BI 7 Days Reverse Repo Rate (7DRRR).

Selain itu, dapat dilihat juga bahwa kinerja mayoritas reksa dana masih di bawah indeks acuan dari masing-masing produk yang menjadi aset dasar yaitu IHSG dan Indeks IBPA Government Total Return pada periode yang sama.

Siapa saja jagoan dari masing-masing jenis reksa dana? Berikut ini 10 reksa dana dari masing-masing jenis dan periode berdasarkan data Infovesta.

 


 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

TIM RISET CNBC INDONESIA

(irv/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading