Kinerja Reksa Dana

Ini Dia Jawara Jenis-jenis Reksa Dana di Semester I-2019

Investment - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
05 July 2019 10:08
Ini Dia Jawara Jenis-jenis Reksa Dana di Semester I-2019
Jakarta, CNBC Indonesia - Reksa dana pendapatan tetap menjadi jenis reksa dana yang paling cuan sepanjang semester I-2019, dibanding tiga reksa dana polos (plain vanilla) dan reksa dana terbuka lain di industri pasar modal Indonesia.

Ketiga jenis produk investasi 'receh' tersebut adalah RD campuran, RD pasar uang, dan RD saham. 


Namun, dari 269 produk RD pendapatan tetap, ternyata ada 260 produk yang memberikan profit bagi investornya sepanjang periode tersebut.  


RD pendapatan tetap adalah produk kelolaan manajer investasi yang 80% isi portofolionya wajib diinvestasikan pada efek utang, dalam hal ini obligasi.  

Berikut ini adalah 10 RD pendapatan tetap dengan tingkat pengembalian (return) tertinggi sepanjang 6 bulan pertama 2019 yang dihimpun dari data Infovesta Utama.   


Keuntungan atau return yang dimaksud adalah potensi keuntungan yang bisa didapat investor yang sudah memegang instrumen tersebut pada periode semester I-2019.

Besaran keuntungan tersebut di luar biaya-biaya seperti biaya pembelian, penjualan, administrasi, dan biaya lain yang tidak disebutkan satu-per satu untuk setiap instrumennya.

Meskipun ada yang terbesar dan terkecil, apapun instrumennya, pada dasarnya investasi harus dilakukan sejak dini dan berkelanjutan sehingga dapat menjadi alat pamungkas untuk mengalahkan inflasi.





Di bawah RD pendapatan tetap, RD campuran menjadi jenis reksa dana dengan return tertinggi kedua dengan pencapaian 3,7%.  

RD campuran adalah produk yang portofolio saham, obligasi, dan instrumen pasar uangnya maksimal 79% sehingga sifatnya lebih fleksibel dibanding jenis lain.

Berikut ini 10 produk RD campuran yang paling cuan sepanjang semester I-2019. 



Di bawah RD campuran, RD pasar uang yang hanya berinvestasi pada instrumen pasar uang di perbankan dan obligasi umur di bawah setahun bahkan mampu mengungguli RD saham dengan return 2,57%. 

RD pasar uang hanya dibolehkan berinvestasi pada instrumen pasar uang di dalam negeri seperti tabungan dan deposito serta efek utang yang umurnya di bawah 1 tahun. 

Berikut ini ke-10 produk RD pasar uang yang sudah memberikan return tertinggi bagi investornya dibanding produk sejenis.  




Paling bawah, jenis RD saham membukukan tingkat pengembalian negatif, tercermin dari Infovesta Equity Fund Index yang justru minus 1,41% sepanjang Januari-Juni tahun ini. 

RD saham adalah produk yang minimal kepemilikannya di pasar saham berporsi 80%. Berikut ini 10 RD saham yang memberikan keuntungan terbesar bagi investornya.    




TIM RISET CNBC INDONESIA


(irv/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading