Pesan Warren Buffett untuk Investor Pemula, Apa Saja?

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
11 May 2019 12:07
Pesan Warren Buffett untuk Investor Pemula, Apa Saja?
Jakarta, CNBC Indonesia - Miliarder Warren Buffett adalah salah satu investor yang paling dihormati dalam sejarah industri keuangan dunia. Rekam jejak dalam dunia investasi menobatkan pria kelahiran Omaha, Nebraska, jadi salah satu orang terkaya di dunia.

Buffett kelihatannya benar-benar sang ahli yang harus Anda cari untuk mendapat tips dalam berinvestasi. Namun ketika dia diminta menyebutkan beberapa kesalahan investasi terbesar yang dia lihat dilakukan orang, pria yang mendapat julukan "Oracle of Omaha" ini mengatakan kepada Yahoo Finance bahwa siapa pun yang mencari saran investasi janganlah pernah mendengarkan orang seperti dia.

Tentu saja, miliarder berusia 88 tahun itu mungkin memberikan respons yang sedikit nyeleneh. Tetapi lebih dari itu, pada dasarnya Buffett menyarankan agar investor umumnya harus waspada karena terlalu reaksioner.

"Jangan pernah mendengarkan orang-orang seperti saya, atau membaca koran, atau melakukan apa pun sesudahnya," kata Buffett kepada Yahoo Finance dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Sabtu.


Buffett telah menunjukkan di masa lalu bahwa investor tidak harus selalu mempercayai perkiraan dan prediksi keuangan karena dia mengatakan biasanya tidak aman untuk mendengarkan siapa pun yang menyarankan mereka tahu ke arah mana angin pasar keuangan akan bertiup.

"Terus terang, saya tidak memperhatikan apa yang dikatakan ekonom. Jika Anda melihat seluruh sejarah [ekonom], mereka tidak menghasilkan banyak uang dengan membeli dan menjual saham, tetapi orang-orang yang membeli dan menjual saham mendengarkannya. Saya punya sedikit masalah dengan itu," kata Buffett.

Tentu saja, Buffett memang memiliki kebijaksanaan untuk ditawarkan, dan dia mengatakan saran investasinya adalah dengan hanya membeli saham perusahaan-perusahaan Amerika. Di atas semua itu Buffett menyearan, "bersabarlah", katanya kepada Yahoo Finance.

Dengan kata lain, diversifikasi investasi Anda dengan membeli saham di perusahaan-perusahaan di berbagai industri yang membentuk ekonomi AS, daripada hanya membeli saham teknologi atau ritel.

"Anda ingin menyebarkan risiko sejauh perusahaan tertentu yang Anda miliki dengan memiliki grup yang terdiversifikasi, dan Anda melakukan diversifikasi dari waktu ke waktu dengan membeli bulan ini, bulan depan, tahun sesudahnya, tahun sesudahnya, tahun sesudahnya, tahun sesudahnya," kata Buffett kepada CNBC di program Squawk Box pada tahun 2017.

Tetapi Buffett juga menjelaskan bahwa menurutnya investor yang baik selalu memainkan permainan yang panjang.

"Berputar-putar tidak pintar dalam berinvestasi, banyak investor membuat kesalahan dengan terus-menerus membeli dan menjual saham, daripada menahan investasi mereka untuk memberi mereka waktu untuk menjadi dewasa dan berpotensi menghasilkan lebih banyak uang dari waktu ke waktu," kata Buffett kepada Yahoo Finance.
Pesan Warren Buffett untuk Investor Pemula, Apa Saja?Foto: Infografis/ Petuah Warren Buffett /Edward Ricardo

Tentu saja, Buffett terkenal sebagai investor jangka panjang yang percaya untuk mempertahankan investasinya selama bertahun-tahun dan untuk memaksimalkan nilainya. Itu karena pasar saham selalu disertai dengan sejumlah volatilitas tertentu, dan harga saham Anda umumnya akan naik dan turun secara teratur dari hari ke hari.

Jadi, penting untuk tidak terlalu larut dalam fluktuasi pasar jangka pendek terbaru, kata Buffett.

"Beberapa orang tidak boleh memiliki saham sama sekali karena mereka terlalu marah dengan fluktuasi harga. Jika Anda akan melakukan hal-hal bodoh karena saham Anda turun, Anda seharusnya tidak memiliki saham sama sekali," ungkap Buffett.

Pada akhirnya, kata Buffett, jika Anda bertahan pada beragam pilihan saham untuk waktu yang cukup lama, maka pasar pada akhirnya akan cenderung naik.

"Saya tahu apa yang akan dilakukan pasar dalam jangka waktu yang lama: Pasar akan naik. Tetapi dalam hal apa yang akan terjadi dalam sehari atau seminggu atau sebulan atau bahkan setahun, saya tidak pernah merasa bahwa saya mengetahuinya dan saya tidak pernah merasa itu penting," kata Buffett kepada CNBC's Becky Quick pada 2016.

Pesan Warren Buffett untuk Investor Pemula, Apa Saja?Foto: Infografis/Investasi a la Warren Buffett/Edward Ricardo
(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading