Perencanaan Keuangan

Kurangi Jajan Kopi, Milenial Punya Ratusan Juta di Hari Tua

Investment - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
24 October 2018 19:10
Kurangi Jajan Kopi, Milenial Punya Ratusan Juta di Hari Tua
Jakarta, CNBC Indonesia - Berapa kali kamu jajan kopi setiap bulan? Cobalah kurangi mulai sekarang jika ingin punya banyak uang di hari tua. 

Berdasarkan konsultan perencanaan keuangan Zap Finance, milenial bisa mengumpulkan ratusan juta rupiah dalam 25 tahun lagi jika mau mengalokasikan uang jajan kopi untuk investasi. Founder Zap Finance, Prita Hapsari Ghozie, memberikan gambaran mengenai uang yang bisa kamu kumpulkan bila mampu mengurangi pembelian kopi setiap bulan.


Dalam akun Instagram @zapfinance, disebut kalau biasanya jajan kopi 12 kali sebulan coba kurangi menjadi 8 kali saja. Semua tergantung Anda seringnya beli kopi impor atau lokal karena ada perbedaan harga yang signifikan. 



Jika dalam sebulan biasa 12 kali membeli kopi impor dengan harga sekitar Rp 50 ribu maka bisa menghabiskan Rp 600 ribu. Sedangkan kalau membeli kopi lokal dengan harga sekitar Rp 20 ribu bisa menghabiskan Rp 240 ribu per bulan.


Coba kurangi menjadi 8 kali dalam sebulan. Maka untuk kopi impor bisa berhemat Rp 200 ribu dari sebelumnya dan kopi lokal dapat menghemat Rp 80 ribu dengan harga yang sama. 

Kurangi Jajan Kopi, Milenial Punya Ratusan Juta di Hari TuaFoto: Infografis/Tips Kelola Keuangan/Arie Pratama

Uang yang dihemat alihkan ke investasi dana pensiun. Zap Finance mengungkap kalau asumsi investasi reksa dana saham untuk dana pensiun jika suka membeli impor selama 25 tahun akan menghasilkan Rp 656 juta dengan imbal hasil 15% per tahun.

"Beda lagi kalau buat kamu yang suka beli kopi kekinian kamu hemat tadi yaitu sebesar Rp 80 ribu per bulan, maka uang kopi kamu dalam waktu 25 tahun bisa menjadi Rp 262 jutaan," tulis @zapfinance di Instagram.

Untuk itu, kurangi minum kopi jika ingin merasakan masa pensiun yang indah.

[Gambas:Video CNBC]

(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading