Perencanaan Keuangan

Trik Atur Keuangan Saat Musim Diskon dan Cashback Tiba

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 October 2018 19:25
Trik Atur Keuangan Saat Musim Diskon dan Cashback Tiba
Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini ada banyak situs belanja online  yang semakin kreatif dan banyak memberikan promosi. Tidak hanya diskon, pemain di industri ini juga menawarkan sistem cashback saat berbelanja online.

Meski cashback tampak seperti godaan, namun Anda ternyata bisa mengantisipasinya agar tetap dalam batasan khususnya saat musim diskon dan cashback. Pakar Keuangan Andreas Freddy Pieloor mengatakan bahwa hal pertama yang harus diperhatikan haruslah logis dalam berbelanja.

"Yang pasti kalau musim diskon tiba harus mawas diri khususnya bila belanja online. Logis dalam mencerna nilai sebelum dan sesudah jangan gegabah karena angka yang menggiurkan diskon tinggi dan diskon kartu kredit 0 persen," ujar Andreas Freddy kepada CNBC Indonesia.


Selanjutnya, dia menuturkan bahwa buatlah list atau daftar belanjaan sebelum memilih dan membeli barang. Hindari belanja diluar daftar sekalipun barang yang ditawarkan sangatlah menarik.

Buatlah anggaran sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Penting untuk diketahui, berbelanja online dengan program cashback biasanya bukan berupa pengembalian uang tunai secara langsung tetapi pihak toko akan memberikan cashback pembelanjaan Anda berikutnya di toko yang sama.


Sejatinya, promo cashback bisa menguntungkan antara konsumen atau pihak toko. Hanya saja para para konsumen harus menahan diri untuk pembelian berikutnya, sedangkan dari pihak online shop hal ini bisa membentuk consumer loyalty untuk toko online mereka.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading