Jangan Keliru, Ini 4 Aplikasi Beli Emas Online

Fintech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 June 2019 14:37
Jangan Keliru, Ini 4 Aplikasi Beli Emas Online
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas logam mulia acuan yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) naik signifikan lagi pada Selasa ini (25/6/2019), kali ini sebesar Rp 10.500 (1,61%) menjadi Rp 664.000 per gram, dari sebelumnya Rp 653.500 per gram.

Kenaikan harga emas Antam itu sejalan dengan reli harga emas di pasar spot yang belum berhenti kemarin dan hari ini sejak 17 Juni.


Kenaikan harga ini membuat banyak masyarakat ingin berinvestasi di logam mulia. Maklum, logam mulia masih menjadi instrumen primadona. Namun kini untuk beli logam mulia tidak datangi toko. Cukup dengan menggunakan aplikasi. 


Lantas apa sajakah aplikasi atau situs jual beli emas online yang terpercaya dan aman, berikut rangkumannya:

Bukalapak

Foto: Bukalapak (google)

Pada tahun 2017 lalu, salah satu e-commerce yakni Bukalapak meluncurkan BukaEmas. Hal ini dibuat karena maraknya jual beli emas secara onlinedi kalangan masyarakat Indonesia.

Masyarakat bisa berinvestasi emas di BukaEmas ini, mulai dari 0,0001 gram. Jadi, harganya memang sangat terjangkau dibanding dengan harga jual beli emas pada umumnya.

Emas yang didapatkan juga berasal dari Antam dan bersertifikat LBMA (London Bullion Market Association) yang kepingan emasnya mulai dapat ditarik jika sudah terakumulasi menjadi 1 gram. Meski begitu perlu diingat, Anda perlu mendaftarkan diri di akun Bukalapak jika ingin melakukan transaksi di BukaEmas.

Pegadaian

Foto: Pegadaian (detikFoto/Rachman Haryanto)

PT Pegadaian (Persero) meluncurkan aplikasi yang bernama Pegadaian Digital Service. Aaplikasi tersebut diluncurkan sejak tahun 2018 dan masyarakat sudah bisa di-downloaddi Google Play Store dan App Store.

Lewat aplikasi tersebut, masyarakat tak hanya mendapat beragam informasi tentang produk Pegadaian, tapi juga bisa melakukan transaksi, termasuk membuka rekening tabungan emas. Jangan lupa untuk mempersiapkan identitas diri seperti dan mengisi formulir pembukaan rekening jika ingin berinvestasi di aplikasi ini.

Tokopedia

Foto: Tokopedia
Berinvestasi emas di Tokopedia mulai dilirik masyarakat urban saat ini. Layanan yang dinamai Tokopedia Emas ini menggandeng PT Pegadaian (Persero).

Setiap gram emas yang dibeli di aplikasi Tokopedia, akan dikonversi menjadi bentuk fisik. Emas ini dititipkan di Pegadaian dan aman karena dibawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan di awasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk berinvestasi emas disini, mulailah dengan menginstal aplikasi Tokopedia. Kemudian buat akun terlebih dulu sebelum melakukan investasi.

Hanya dengan modal mulai dari Rp 500 saja, Anda sudah bisa berinvestasi. Kendati dilakukan dengan transaksi secara online, tapi emas ini memiliki fisik asli.

Orori

Foto: orori

Orori sudah lama dikenal sebagai salah satu platform yang menjual perhiasan secara online. Orori bekerja sama dengan PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) untuk melakukan penjualan emas Antam secara online.

Masyarakat bisa melakukan transaksi jual beli emas Antam lewat situs resminya langsung atau melalui aplikasi Orori yang ada di Google Play Store. Selain itu, Orori juga memasarkannya melalui beberapa platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan Blibli.com.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading