Akali WhatsApp Cs Down Pakai VPN, Hati-hati Data Dicuri

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
23 May 2019 16:30
Akali WhatsApp Cs Down Pakai VPN, Hati-hati Data Dicuri
Jakarta, CNBC IndonesiaKesulitan warga net (netizen) di Indonesia mengakses LINE, Instagram, Facebook, dan WhatsApp sejak Rabu (22/5/2019) membuat VPN (Virtual Private Network) gratis menjadi solusi.


Namun, pengguna perlu waspada jika menggunakan VPN gratis karena beberapa penyedia yang memiliki niat buruk akan menjual informasi pribadi Anda.


"VPN sebenarnya ada yg membahayakan dan ada yg tidak," kata Heru Sutadi, pengamat ketika diwawancarai oleh CNBC Indonesia, Kamis (23/5/2019).

Namun tidak semua penyedia seperti itu, ada beberapa penyedia VPN yang dapat dipercaya yang menawarkan paket gratis, tetapi mereka memiliki beberapa batasan.


Akali WhatsApp Cs Down Pakai VPN, Hati-hati Data DicuriFoto: VPN (Pixabay/Stefan Coders)


"Tergantung publisher nya, tapi memang baiknya tidak digunakan dalam jangka panjang dan hanya untuk akses yang diblok saja," tambahnya.

VPN adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan pengguna terhubung dengan jaringan publik untuk mengakses jaringan lokal. Tidak hanya untuk membypass akses, dengan VPN pengguna juga dapat terhubung dengan internet dengan aman tanpa membahayakan identitas dan privasinya.



Meskipun ada Penyedia VPN Gratis yang sah di luar sana. Anda bisa dengan mudah mengunduh virus atau menyambung ke VPN jahat karena kebanyakan penyedia VPN Gratis biasanya akan merekam aktivitas Anda di Internet.

Maka dari itu Anda harus benar-benar memastikan dan dapat mempercayai penyedia VPN yang Anda gunakan. Karena ketika Anda membayar untuk Layanan VPN Anda tidak membeli jaringan saja tetapi kepercayaan mereka bahwa mereka akan menjaga semua informasi Anda pribadi dan aman.


Apa saja yang biasanya direkam dan bagaimana potensi bahayanya?


Situs apa yang Anda kunjungi dan apa yang Anda lakukan saat berada di situs tersebut. Namun ada beberapa yang bahkan akan menjual Informasi pribadi Anda di pasar gelap seperti alamat email, nama, nomor telepon, kartu kredit, dll.


"VPN nakal, data kita disedot, transaksi direkam," ujar Heru.

Hal buruk lainnya dari VPN Gratis adalah mereka akan mendorong iklan ke perangkat pengguna. Meskipun hal ini tidak masalah bagi kebanyakan orang, namun Anda perlu waspada karena sebagian besar iklan berpotensi berbahaya.

Bahaya layanan ini sama dengan yang biasanya digunakan oleh peretas untuk menyebarkan virus. Jadi, jika VPN aman, masih ada potensi iklan yang ditampilkan mungkin berbahaya bagi perangkat Anda.

Simak video tentang pembatasan akses ke Instagram-WhatsApp Cs di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading