WhatsApp-Instagram Down Bisa Diakali Pakai VPN, Apa itu?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
23 May 2019 10:39
WhatsApp-Instagram Down Bisa Diakali Pakai VPN, Apa itu?
Jakarta, CNBC IndonesiaKemarin (22/5/2019) warga net (netizen) ramai mengeluhkan sulitnya mengakses layanan media sosial seperti Instagram dan Facebook dan layanan perpesanan seperti WhatsApp dan LINE.

Keluhan ini disampaikan melalui Twitter. Tagar (tanda pagar) #whatsappdown dan #instagramdown pun menjadi trending topic worldwide.


Untuk mengatasi masalah sulitnya mengakses layanan ini, sejumlah netizen merekomendasikan penggunaan Virtual Private Network (VPN). Menurut mereka VPN bisa membuat pengguna mengakses media sosial dan layanan perpesanan seperti semula.


Lalu apa itu VPN? VPN adalah jaringan virtual sendiri (privat). VPN menjadi perantara yang mengkoneksikan satu jaringan dengan jaaringan lainnya secara privat dengan menggunakan Alamat IP internet yang berbeda dari yang digunakan.


Misalnya, Anda menggunakan Alamat IP internet di Jakarta, dengan menggunakan VPN maka bisa saja Anda akan menggunakan Alamat IP internet Malaysia atau Eropa untuk mengakses internet. Perpindahan Alamat IP internet ini membuat Anda bisa mengakses berbagai layanan yang selama ini diblokir.

VPN akan meningkatkan keamanan pengguna dalam beraktivitas di internet namun keamanan ini terjaga bila VPN dimiliki secara pribadi. Bila dimiliki oleh pihak ketiga perlu untuk berhati-hati karena data bisa dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


Saat ini ada dua jenis VPN yang beredar. Yakni yang gratisan dan berbayar. Untuk yang gratisan bisa langsung download di Play Store untuk Android dan Apple Store bagi pengguna Apple dan langsung bisa digunakan.

Untuk yang berbayar maka Anda diminta membayar sejumlah uang untuk bisa menggunakan fitur-fitur premium dari layanan VPN.

Simak video alasan pemerintah batasi akses ke WhatsApp-Instagram cs di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading