Pinjam Duit Bisa Lewat Aplikasi Grab, Ini Caranya!

Fintech - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
15 March 2019 07:54
Pinjam Duit Bisa Lewat Aplikasi Grab, Ini Caranya!
Jakarta, CNBC Indonesia - Grab mulai memasarkan lini bisnis pinjaman online kepada para mitra usahanya. Hal tersebut tertangkap dalam iklan tawaran pinjaman oleh Grab di Facebook awal pekan ini.

Untuk Indonesia, Grab ternyata telah memasarkan pinjaman berbasis syariah hingga Rp 200 juta. Bekerja sama dengan BRI Syariah, Grab Indonesia berikan pinjaman yang terjangkau untuk menumbuhkan usaha restoran dari para mitra.




Ada dua pilihan yang disediakan, yakni pinjaman mikro dengan jumlah maksimal Rp 25 juta, tidak diperlukan jaminan dan jangka waktu hingga tiga tahun. Kedua, pinjaman kecil dengan maksimal Rp 200 juta, harus ada jaminan dan jangka waktu hingga lima tahun. Pinjaman tersebut diajukan secara online lewat situs Grab.

Grab menawarkan pinjaman dengan bagi hasil terendah yang sesuai dengan standar Syariah. Dengan menggandeng bank syariah, maka skema yang ditentukan pun mengikuti standar-standar syariah.

Grab juga menerapkan bagi hasil sebesar 7%, dan menjadi salah satu tarif terendah untuk pinjaman mikro. Selain itu, tidak diperlukan jaminan untuk pinjaman mikro hingga Rp 25 juta.

"Itu semua karena ketika Anda tumbuh, kami juga tumbuh," tulis Grab dalam situsnya, dirangkum CNBC Indonesia pada Jumat (15/3/2019).

"Untuk proses persetujuan bank, kita memiliki otoritas penuh untuk menyetujui atau menolak pengajuan pinjaman tersebut," lanjutnya.

Pinjam Duit Bisa Lewat Aplikasi Grab, Ini Caranya!Foto: Ilustrasi Grab bike (Istimewa Grab Indonesia)


Untuk mendapatkan pinjaman ada empat tahap yang harus dilakukan dengan perincian sebagai berikut:

1. Mengisi formulir pengajuan.
2. Perwakilan dari bank mitra akan menjadwalkan waktu pertemuan.
3. Siapkan dokumen yang mendukung dan kirimkan pada perwakilan bank mitra lewat email ataupun secara langsung.
4. Setelah semua dokumen siap, bank mitra akan melalukan analisis untuk persetujuan pinjaman dalam tiga hari.



Selain di Indonesia, Grab juga menawarkan pinjaman untuk para mitranya di negara lain. Untuk pinjaman di negara lain, Grab menggandeng bank atau fintech setempat.

Di Singapura misalnya, kerja sama pendanaan ini dilakukan dengan Validus Capital, yang didukung oleh angle investor Vertex Ventures yang masuk dalam grup Temasek. Vertex juga angle investor Grab sejak 2014 lalu

Pengajuan pinjaman ini dilakukan secara online tanpa kerumitan, dengan akses hingga $ 50.000 untuk jangka waktu hingga 12 bulan. Program pinjaman tersebut juga menyasar mitra atau calon mitra Grab Food untuk mengembangkan bisnis mereka.

Keuntungan yang didapatkan, yakni pembebasan biaya pendaftaran Grab Food, diskon komisi Grab Food, dan daftar mitra unggulan Grab Food. Selain itu, ada pula diskon 50% biaya administrasi Validus hingga S$ 250.

Untuk melakukan peminjaman tersebut, Validus pun menyederhanakan proses, seperti dokumen yang minimal, serta tidak memerlukan jaminan. Kedua, dana akan siap dalam 48 jam. Suku bunga pun terjangkau, dengan terendah 1,5% per bulan, tanpa biaya tersembunyi.



Dengan menjadi mitra Grab Food menurut pihak Grab pun memiliki banyak keuntungan, seperti pembayaran dua kali seminggu. Nikmati kontrol yang lebih besar atas penghasilan dengan siklus pembayaran dua mingguan GrabFood.

"Manfaatkan ekosistem terintegrasi kami. Buat pelanggan kembali untuk mendapatkan lebih banyak dengan program loyalitas GrabRewards. Atau mendaftar sebagai pedagang GrabPay juga dan nikmati manfaat lebih holistik," kata manajemen Grab, dirangkum CNBC Indonesia pada Jumat (15/3/2019).

Selain itu, basis pengguna Grab pun semakin berkembang. Dengan begitu Grab bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas sehingga bisa meningkatkan profitabilitas dengan menganalisis data pengguna untuk mengidentifikasi barang-barang terlaris, memperluas ke lokasi baru, mengoptimalkan menu, dan harga.

Asal tahu saja, Grab merupakan startup berstatus decacorn. Ini merupakan julukan bagi startup yang memiliki valuasi di atas US$10 miliar. Techcrunch melaporkan suntikan dana terakhir telah membuat valuasi Grab melonjak menjadi US$14 miliar.

Simak video terkait suntikan Softbank kepada Grab di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading