Perkembangan Teknologi

Kapan RI Bisa Nikmati Teknologi Internet 5G?

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
13 March 2019 15:17
Kapan RI Bisa Nikmati Teknologi Internet 5G?
Jakarta, CNBC Indonesia - Ajang Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol yang berlangsung pada 25-28 Februari lalu jadi ajang para produsen ponsel memamerkan smartphone yang mendukung teknologi 5G.

Samsung meluncurkan Galaxy S10 5G dan varian 5G dari Galaxy Fold, Huawei Mate X 5G, LG V50 5G-enabled, Xaomi Mi Mix 3 model 5G murah, dan ZTE juga terlibat. Ponsel ini akan segera di pasarkan secara global.

Teknologi 5G merupakan teknologi masa depan yang dapat menimbulkan efek besar pada pengunanya dan perusahaan. Teknologi ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi ketimbang teknologi internet saat ini, 4G.


Teknologi ini masih baru memang tetapi beberapa negara sudah melakukan uji coba. China, Korea Selatan, Jepang dan Amerika Serikat (AS) menjadi yang terdepan dalam teknologi ini. Bahkan China sudah memastikan teknologi 5G sudah akan bisa dinikmati di daerah terpencil akhir tahun ini.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Telkomsel menjadi operator yang melakukan ujicoba teknologi ini. Telkomsel melakukan ujicoba teknologi 5G di Jakarta dalam Asian Games 2018. 

Kapan RI Bisa Nikmati Teknologi Internet 5G?Foto: Perangkat Samsung S10 5G ditampilkan di dalam stannya di Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, 25 Februari 2019. (REUTERS / Sergio Perez)
Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Ismail mengatakan "tampaknya masih belum akan bisa menikmati seperti apa serunya pertarungan smartphone 5G di Indonesia."

"Karena itu tidak semata-mata untuk kepentingan konsumen market saja, seperti yang pak menteri Rudiantara sudah sampaikan 'untuk basis pasar kita di Indonesia kita tampaknya akan mulai dulu di sektor industri bukan di consumer retail,'" tambahnya.

Ia menjelaskan 5G memang memberikan alternatif teknologi yang lebih produktif untuk bisa dimanfaatkan di Indonesia. Sebagai sebuah negara besar yang mungkin memiliki pasar juga yang cukup besar perlu memiliki strategi dan skenario untuk mengimplementasikan 5G agar benar-benar bermanfaat buat bangsa dan negaranya.

Simak video tentang kesiapan teknologi 5G Indonesia di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading