Resmi! China Masuki Era Teknologi 5G Komersial

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
06 June 2019 13:55
Resmi! China Masuki Era Teknologi 5G Komersial
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT) China, Kamis (6/6/2019) menerbitkan lisensi penggunaan komersial 5G pada empat perusahaan. Lisensi ini menandakan era baru dalam industri telekomunikasi Negeri Tirai Bambu tersebut.

China Telecom, China Mobile, China Unicom, dan China Broadcasting Network jadi kelompok perusahaan pertama yang memperoleh lisensi 5G.


Teknologi 5G akan membangun infrastruktur informasi generasi baru berkecepatan tinggi, mobile, aman dan luas, kata Menteri MIIT Miao Wei pada upacara presentasi lisensi, Xinhua melaporkan dan dikutip CNBC Indonesia.


Miao Wei menambahkan teknologi 5G diharapkan membawa peluang baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital China. Linsensi 5G komersial juga akan mempercepat transformasi digital dari banyak industri, dan akan lebih intensif digunakan di sektor-sektor seperti industri Internet dan Internet Kendaraan.

"Ini menandai secara resmi masuknya China ke era 5G," ujar Huawei Technologies dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari South China Morning Post.

"Huawei akan mendukung operator China membangun [jaringan] 5G dengan kapabilitas 5G end-to-end yang komprehensif. Kami percaya bahwa dalam waktu dekat, 5G China akan memimpin dunia. "

Berdasarkan laporan Akademi Teknologi Informasi dan Komunikasi China, teknologi 5G diperkirakan berkontribusi sebesar 10,6 triliun yuan (US$ 1,54 triliun) pada ekonomi China. Teknologi pun diprediksi akan menciptakan lebih dari 3 juta pekerjaan pada 2020 - 2025.


Simak video tentang teknologi 5G di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading