Internasional

Diblokir, Huawei Serang Balik Selandia Baru Lewat Iklan

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
13 February 2019 18:02
Diblokir, Huawei Serang Balik Selandia Baru Lewat Iklan
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Selandia Baru memutuskan untuk memblokir penggunaan perangkat Huawei Technologies untuk jaringan 5G karena alasan risiko keamanan nasional. Keputusan ini diumumkan pada pada November 2018.

Tetapi Huawei tampaknya tidak tinggal diam atas keputusan tersebut. Buktinya, Huawei melakukan serangan balik melalui kampanye media yang menyindir keputusan tersebut.

Sidney Morning Herald melaporkan, melalui dua surat kabar terbesar di Selandia baru, Huawei meluncurkan sebuah iklan yang bertuliskan "5G tanpa Huawei seperti rugby tanpa Selandia Baru," di antara pemain-pemain rugby profesional.


Asal tahu saja, rugby merupakan olahraga paling populer di Selandia Baru. Bahkan timnas Selandia baru merupakan juara dunia di olahraga Rugby. Timnas Selandia Baru dijuluki All Blacks. Saingan terkuatnya adalah Timnas Afrika Selatan.

Diblokir, Huawei Serang Balik Selandia Baru Lewat IklanFoto: Iklan Huawei di Selandia Baru.

Huawei sedang menghadapi tuduhan serius memata-matai negara lain melalui perangkat jaringan 5G yang diproduksinya. Tuduhan ini pertama kali dilayangkan Amerika Serikat (AS).


Huawei sendiri telah berkali-kali menyangkal tuduhan tersebut dan menganggap tuduhan AS mengada-ada dan sebagai cara AS untuk menjegal Huawei yang terdepan dalam bisnis jaringan internet 5G.

Selain Selandia Baru, Australia juga telah memblokir perangkat Huawei. AS sendiri telah melarang penjualan perangkat Huawei untuk pemerintahan, mililter dan intelejen.

Rumor yang beredar AS sedang mempertimbangkan untuk melarang seluruh perusahaan telekomunikasi AS menggunakan perangkat Huawei.


Simak ancaman AS kepada sekutunya bila gunakan Huawei dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]



(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading