Cryptocurrency

Kurangi Dampak Sanksi AS, Rusia Ganti Dolar dengan Bitcoin?

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
15 January 2019 15:32
Kurangi Dampak Sanksi AS, Rusia Ganti Dolar dengan Bitcoin?
Jakarta, CNBC Indonesia - Rusia dikabarkan berencana mengganti dolar Amerika Serikat (AS) dengan Bitcoin sebagai mata uang cadangan. Ini adalah upaya untuk membatasi dampak sanksi AS.

Pekan lalu, situs berita cryptocurrency, Micky mengutip seorang ekonom Rusia yang memiliki hubungan dengan pemerintah Rusia mengatakan sanksi AS terhadap negara itu memaksa Rusia dan koloeganya untuk "membuang aset AS dan dolar AS dan berinvestasi" dalam Bitcoin, Fortune melaporkan dan dikutip Selasa (15/1/2019).

Vladislav Ginko, seorang ekonom di Russian Presidential Academy of National Economy and Public Administration, sebuah lembaga yang didanai negara, mengatakan transisi dari dolar ke Bitcoin dapat dimulai pada bulan Februari 2019.


"Saya percaya bahwa [saatnya] akan tiba ketika negara-negara lain akan mulai melakukan itu dan Rusia memiliki peluang yang brilian untuk berinvestasi ke dalam Bitcoin yang sangat banyak terjual," kata Ginko.

Kongres AS telah menjatuhkan sanksi pada Rusia setelah badan-badan intelijen AS menyimpulkan adanya tindakan yang tidak terpuji yang dilakukan Rusia dalam pemilihan Presiden 2016 dan kasus keracunan mantan perwira militer Rusia Sergei Skripal.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah beberapa kali menyatakan minatnya pada Bitcoin. Pada Juni 2018, Putin mengatakan cryptocurrency "memiliki tempatnya di dunia."

Sebuah laporan di Telegraph mengatakan peralihan dari dolar ke Bitcoin dapat melibatkan cryptocurrency perantara, kemungkinan token yang dibuat oleh bank Rusia, sebelum Rusia dapat membeli Bitcoin melalui pertukaran crypto.

Pada hari Senin, Mickey juga memberitakan "peningkatan besar dan tidak biasa" dalam volume pembelian OTC Bitcoin yang dilakukan oleh warga negara Rusia, menunjukkan minat lebih lanjut pada Bitcoin di Rusia.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading