Targetkan 500 ribu Eksportir, Brasil Jadi Pasar Ekspor Shopee

Entrepreneur - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
03 May 2021 14:38
Shopee memperluas jangkauan ekspor melalui Program Ekspor Shopee Kreasi Nusantara ‘Dari Lokal untuk Global’ ke Brasil, Amerika Selatan

Jakarta, CNBC Indonesia - Shopee memperluas jangkauan ekspor melalui Program Ekspor Shopee Kreasi Nusantara 'Dari Lokal untuk Global' ke Brasil, Amerika Selatan yang merupakan wujud dari komitmen untuk 500 ribu eksportir baru hingga 2030.

Program Ekspor Shopee telah berhasil mencatatkan peningkatan transaksi harian hingga 6 kali lipat sejak diluncurkan pada bulan Juni 2020 hingga Februari 2021. Potensi yang kuat dari produk penjual lokal terlihat dari jumlah produk penjual lokal yang mencapai 1,2 juta produk berhasil diekspor pada Februari 2021 ke Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Seiring dengan kemajuan zaman, produk-produk lokal Indonesia sudah semakin berkembang. Rangkaian pilihan produk yang ditawarkan semakin variatif, dengan kualitas terbaik serta harga yang terjangkau. Tidak hanya di dalam negeri, dengan ragam peluang yang ditawarkan, semakin banyak juga produk-produk lokal yang telah dikenal dan mampu bersaing di pasar dunia.


Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan pihaknya melihat potensi yang kuat dalam produk-produk lokal untuk bersaing di ranah internasional, sehingga sebagai platform berbasis teknologi Shopee terus berupaya untuk memberikan medium dan solusi untuk membawa karya lokal tanah air agar dapat dikenal di berbagai negara.

"Hadirnya destinasi ekspor terbaru, yaitu Brasil, merupakan upaya kami untuk turut ikut serta dalam merealisasikan komitmen pemerintah dalam mendorong dan mendukung keberlangsungan penjual lokal di Indonesia. Kami berharap program ini tidak hanya menjadi wadah tetapi juga solusi untuk meningkatkan eksposur produk-produk lokal di pasar dunia," ujarnya mengutip keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (3/5/2021).

Adalah Rusli Ikhwan yang merupakan Founder dari Roughneck 1991. Brand miliknya tersebut merupakan salah satu brand lokal yang bergerak dalam industri fesyen, memperluas jangkauan produk-produk dengan berpartisipasi dalam destinasi terbaru Program Ekspor Shopee, yaitu Brasil, Amerika Selatan.

Menurut Rusli, saat akan bergabung dengan Program Ekspor Shopee, dia sadar bahwa ini merupakan peluang besar dan kesempatan yang diberikan oleh Shopee untuk memperluas pasar Roughneck 1991 hingga ke luar negeri. Dia mengaku senang sekali saat pertama kali mendengar bahwa terdapat ratusan pesanan dari luar negeri.

"Bagi pelaku usaha lokal, ekspor merupakan hal yang sangat diimpikan, tetapi kita tahu bahwa perjalanannya jauh karena prosesnya yang cukup sulit seperti administrasi, perizinan dan lain-lain. Kemudahan ekspor yang diberikan oleh Shopee membawa dampak positif, pokoknya keren! Kami antusias untuk mempersiapkan produk bagi Brasil, pasar Amerika Selatan. Pastinya masih banyak perlu dipelajari khususnya dari sisi perilaku konsumen dan tren. Tapi kami yakin produk Roughneck 1991 dapat diterima di Brasil," katanya.

Roughneck 1991 didirikan pada tahun 2015, di mana sebelumnya Rusli berkecimpung dalam production line atau memproduksi produk-produk brand orang lain. Pada awal tahun 2015, Rusli Ikhwan menyadari pertumbuhan pasar khususnya dalam industri fesyen memiliki potensi kuat dan terus berkembang. Sehingga, Rusli Ikhwan memutuskan untuk mulai mendirikan brand Roughneck 1991 sebagai brand lokal pakaian pria.

Perjalanan strategi pemasaran Roughneck 1991 diawali dengan berjualan melalui sosial media. Roughneck 1991 berjualan secara online dan mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Rusli Ikhwan percaya bahwa penjualan online, yang pada saat itu masih melalui ranah sosial media, tidak terbatas ruang dan waktu. Konsumen dari mana saja bisa menghubungi dan mengakses produk untuk berbelanja.


Melihat antusiasme dari masyarakat terhadap produk Roughneck1991, Rusli Ikhwan semakin yakin bahwa brand ini memiliki pasar tersendiri. Roughneck memperkuat penjualan online dengan menggunakan beberapa tambahan platform sosial media untuk berjualan, serta forum-forum karena pada saat itu dunia e-commerce belum sebesar saat ini.

Untuk memperkuat dan meningkatkan brand awareness Roughneck1991, Rusli Ikhwan memutuskan untuk mengikuti berbagai bazaar offline dan membuka beberapa flagship store atau toko offline agar lebih dikenal publik. Hal ini merupakan upaya untuk memperkuat posisi brand serta menjadi salah satu strategi untuk mengkomunikasikan kepada pengguna offline mengenai keuntungan berbelanja online. Roughneck semakin memiliki pasar yang kuat antara lain seperti konsumen loyal yang sudah dianggap seperti teman sendiri, serta dengan komunikasi yang rutin melalui sosial media, Roughneck berhasil membentuk komunitas konsumen yang disebut sebagai Roughest-neck.

Sebelum bergabung dengan Shopee, Roughneck 1991 memiliki penjualan yang kuat di offline. Potensi tinggi serta berbagai keuntungan yang ditawarkan dari penjualan online membuat Rusli Ikhwan ingin mengembangkan saya dan memperkuat eksistensi produk Roughneck dalam ranah digital. Di tengah era digitalisasi, tentu banyak tantangan yang dihadapi para pelaku usaha sehingga Roughneck1991 mengambil keputusan untuk menyesuaikan strategi penjualan dengan bergabung di Shopee pada tahun 2016.

"Kami melihat potensi yang luar biasa pada penjualan online. Bayangkan kita tidak perlu membayar toko, tetapi traffic yang hadir dan berbelanja bisa mencapai jutaan dalam satu waktu. Mana ada toko offline yang bisa menampung seperti itu," jelasnya.

"Tetapi merupakan tugas dari pelaku usaha untuk mengkomunikasikan dan memberikan edukasi terhadap masyarakat khususnya konsumen untuk berbelanja secara online. Yang pertama kami pikirkan adalah kemudahan, mulai dari akses, transaksi, kenyamanan hingga keamanan. Saat itu, kami memutuskan untuk bergabung dengan Shopee agar konsumen mendapatkan pengalaman belanja online terbaik," imbuhnya.

Dalam upaya terus memperkuat brand awareness serta mengedukasi konsumen dalam berbelanja online, Rusli Ikhwan juga menghadirkan Roughneck Field Tour. Inisiatif ini merupakan cara Roughneck 1991 untuk lebih dekat dengan masyarakat, dengan mendatangkan berbagai kota-kota dan mendirikan bazaar. Dari pembelanjaan offline tersebut, Roughneck memberikan voucher yang dapat digunakan saat berbelanja online.

Saat ini, Brand Roughneck 1991 telah dikenal sebagai salah satu brand lokal unggulan di Shopee. Melihat besarnya pasar yang dimiliki Shopee serta kemudahan berbelanja online yang diberikan, Roughneck1991 mulai memperkuat digital presence guna menjangkau pasar yang lebih luas.

"Perjalanan yang telah dilalui Roughneck1991 hingga sampai ke titik ini melewati banyak tantangan. Namun, dengan dukungan penuh yang diberikan Shopee, Roughneck 1991 mampu mengembangkan bisnis menjadi brand lokal unggulan yang dipercaya dan dikenal oleh masyarakat. Saya sangat mengapresiasi inisiatif dan inovasi yang selalu dihadirkan Shopee untuk membantu bisnis para pelaku usaha di Indonesia dan saya ingin berterima kasih juga kepada para konsumen yang senantiasa mempercayai dan mendukung produk-produk Roughneck 1991," jelasnya.

Beberapa fakta terkait Rougneck 1991 antara lain merk ini sudah hampir 5 tahun sejak Roughneck 1991 bergabung dengan Shopee. Kemudian, Roughneck 1991 terus berupaya untuk melakukan strategi sesuai untuk menjangkau dan mempertahan konsumen serta bagaimana memahami pergeseran perilaku konsumen dari offline ke online.

Selain itu, transaksi harian Roughneck 1991 yang telah meningkat 10 kali lipat semenjak tahun 2020. Selain itu, pada setiap kampanye besar yang diikuti Roughneck 1991 seperti 11.11 Big Sale 2020, 12.12 Birthday Sale 2020 dan 4.4 Mega Shopping Day 2021, peningkatan transaksi mencapai lebih dari 10 kali lipat.

Menurut Rusli, inovasi yang dihadirkan oleh Shopee memberikan kesempatan bagi Roughneck 1991 untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, meningkatkan penjualan serta memperkuat daya tarik pengguna terhadap produk-produk Roughneck 1991.

"Shopee merupakan wadah dan solusi yang tepat bagi para penjual khususnya UMKM dan brand lokal mengembangkan bisnisnya. Saya pribadi merasa dukungan yang diberikan sangat membantu perkembangan bisnis Roughneck 1991 hingga saat ini. Kerjasama antara Shopee dan Roughneck 1991 yang dibangun telah menjadi kunci untuk kami mengembangkan bisnis. Kami senang sekali dapat tumbuh dan sukses bersama Shopee melalui kerjasama kuat yang telah terjalin hingga sekarang. Tidak akan terhenti di sini saja, kami berharap dapat mengembangkan brand Roughneck 1991 hingga pasar internasional dan memenangkan hati para pengguna di negara lain melalui Program Ekspor Shopee," tuturnya.

Dijelaskan pula, pada awal 2021 ini, Program Ekspor yang diluncurkan oleh Shopee kembali membuka pintu peluang baru bagi Roughneck 1991 untuk melebarkan eksistensinya di pasar Asia Tenggara yaitu ke Malaysia, Singapura, dan Filipina, Thailand hingga Vietnam. Kini, Rusli Ikhwan sangat antusias untuk mempersiapkan brand dan berpartisipasi dalam mendukung program ekspor ke pasar Amerika Selatan yaitu Brasil.

Terhitung baru bergabung pada Program Ekspor Shopee, namun Rusli Ikhwan tidak menyangka mendapatkan ratusan paket pesanan dari luar negeri. Dari situ, Rusli Ikhwan melihat bahwa adanya peluang besar untuk ekspor produk ke luar negeri.

Dia merasa bahwa seringkali pelaku usaha lokal merasa kesusahan dengan prosedur yang panjang serta kesulitan dalam hal perizinan, administrasi dan kurangnya edukasi mengenai cara ekspor. Namun, semenjak hadirnya Program Ekspor Shopee, hal ini menjadi suatu solusi dan wadah yang mudah bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis dan memperluas jangkauan pasar hingga mancanegara.

Hingga kini, mulai banyak pesanan dari luar negeri yang masuk hingga mengalami peningkatan pesanan, khususnya di Malaysia dan Singapura. Banyak Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Malaysia dan Singapura merasakan kemudahan mengakses rangkaian pilihan produk Roughneck 1991 dan bangga akan produk buatan Indonesia. Melihat hal ini, kedepannya Rusli Ikhwan memikirkan untuk memperluas ekspansi bisnis dengan secara konsisten dan aktif ikut serta pada Program Ekspor Shopee. Karena, berbisnis secara online tidak memiliki batasan jarak, Rusli Ikhwan berharap pasar Roughneck 1991 bisa mencapai 1 dunia.

"Kami merasa bahwa melakukan ekspor produk sendiri sangat sulit dan harus melalui proses yang rumit. Peran Shopee menghadirkan Program Ekspor sangat membantu dalam hal kemudahan akses produk lokal Indonesia agar dapat dengan mudah dibeli oleh masyarakat di luar negeri. Selain itu, para penjual ekspor yang bergabung pada program ini akan didampingi dan dibekali wawasan terkait ekspor sehingga sangat membantu para pelaku usaha lokal yang baru terjun ke dunia ekspor, khususnya bagi brand Roughneck 1991. Saya yakin Shopee mampu membawa para pelaku usaha lokal untuk go global. Bagi para pelaku usaha lokal lain yang ingin bergabung dengan Shopee, perkuat brand value menjadi salah satu gerbang untuk terus bisa maju dan berkembang didukung oleh program-program Shopee untuk para pelaku usaha lokal. Jangan takut. Go big! Or go home!," tuturnya.

Rusli berharap perjalanan bisnis Roughneck 1991 dapat menjadi inspirasi dan teladan yang baik bagi para pelaku usaha lokal lain. Harapan bagi pelaku usaha lokal lain, mari bersama-sama kita menggaungkan 'local is the new global', kita memperkuat pasar lokal dan serang pasar global agar bisnis lokal dapat berkembang hingga mancanegara dan tak kalah saing dengan produk asing.

Harapan bagi kerjasama dengan Shopee, Roughneck 1991 ingin memperkuat jalinan kerjasama yang luar biasa agar dapat bersama-sama menjaring pasar Asia Tenggara. Semoga bersama kami dapat membangun sistem distribusi di negara destinasi untuk mempercepat proses pengiriman, dapat memperkuat Program Ekspor Shopee dengan melakukan aktivasi marketing di negara tujuan Program Ekspor.


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading