Ada Teknologi di Balik Kesuksesan Bisnis Bittersweet by Najla

Entrepreneur - Rahajeng KH, CNBC Indonesia
02 May 2021 13:05
Memulai bisnis sejak tahun 2018, Najla Bisyir selama tiga tahun terakhir mengerahkan
strategi pemasaran tidak hanya secara offline, tetapi juga merambah ke cakupan yang lebih luas dengan berjualan secara online di Shopee Indonesia.

Jakarta, CNBC Indonesia - Tren perkembangan teknologi dan digitalisasi menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan calon pebisnis ketika ingin memulai usahanya. Apalagi, sejak pandemi Covid-19, banyak transaksi offline yang mulai bermigrasi ke digital melalui kehadiran e-commerce.

Pentingnya pengusaha melek digital telah dirasakan oleh pemilik bisnis makanan Bittersweet_by_najla, Najla Bisyir, yang telah memulai usahanya sejak 2018. Selama tiga tahun terakhir Najla mengerahkan strategi pemasaran tidak hanya secara offline, tetapi juga merambah ke cakupan yang lebih luas dengan berjualan secara online melalui e-commerce.

Dengan begitu, transaksi produk yang diterima sejak awal pun sudah cukup meningkat secara signifikan. Meski telah mengawali langkahnya dengan menggunakan teknologi, dia terus mengembangkan inovasinya untuk sistem pemasaran. Upaya ini dilakukan bukan hanya untuk memperluas cakupan dari penjualan produknya secara online, tetapi juga termasuk bagaimana strategi pemasaran untuk peningkatan dari produk yang dijual melalui e-commerce.


Najla pun memilih bergabung dalam jaringan e-commerce besar yakni, Shopee Indonesia, dan merasakan penjualan yang terus meningkat sejak tergabung di dalamnya. Sebelum menjadi salah satu seller di platform ini, dia pun sudah senang berbelanja di Shopee untuk berbagai jenis kebutuhan, termasuk dengan bahan-bahan berjualan dari Bittersweet_by_najla. Najla pun menginisiasi platform e-commerce Shopee sebagai top-of-mind berjualan yang dari awal, karena juga terbiasa dengan kesehariannya berbelanja di platform ini.

Bittersweet_by_najla pun bukan hanya menjadi sekedar seller di platform ini, melainkan mendapatkan pendampingan dari Shopee, seperti mengikuti kampanye-kampanye yang ada. Salah satunya penempatan produk di kampanye Shopee Big Ramadan Sale yang sedang berlangsung saat ini hingga 5 Mei 2021, dan berbagai penawaran program khusus untuk meningkatkan penjualan.

Menurut Najla, produk yang paling banyak diminati dari penjualan Bittersweet_by_najla adalah dessert box dengan varian Turkish, Cadbury, Toblerone, Tiramisu, Belgium, dengan strategi berupa penawaran diskon di kampanye Shopee, promo mingguan, hingga menjual dalam bentuk hampers untuk perayaan Hari Raya 2021.

"Saya merasa senang dengan bergabung bersama platform e-commerce Shopee, selain memberikan akses ke kebutuhan para pengguna, tetapi turut memberikan kontribusi besar dalam keberlangsungan bisnis para penjualnya. Melalui Shopee Indonesia, Bittersweet_by_najla mengalami peningkatan transaksi yang signifikan sejak pertama kali bergabung," kata Najla, Minggu (02/05/2021).

Setiap tahunnya, Bittersweet_by_najla pun mencatat peningkatan penjualan lebih dari 50%. Selama tergabung dengan Shopee pun, bisnisnya dapat memperluas jangkauan transaksi, hingga pemasaran atau eksposur bukan hanya di satu daerah saja melainkan ke seluruh Indonesia.

"Produk Bittersweet_by_najla juga cocok dijadikan sebagai pelengkap kudapan akhir hari-hari, atau bahkan bisa dijadikan referensi untuk hampers Hari Raya mendatang," katanya.


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading