8 Cara Gaya Hidup a la Crazy Rich untuk Makin Kaya di 2019

Entrepreneur - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
31 December 2018 - 15:37
8 Cara Gaya Hidup a la Crazy Rich untuk Makin Kaya di 2019
Jakarta, CNBC Indonesia- Seperti yang ditulis oleh miliarder dan penulis Steve Siebold dalam bukunya "How Rich People Think," ada satu kalimat yang membuatnya sadar dan mengubah hidupnya, yaitu "Untuk menjadi kaya, saya harus belajar berpikir seperti orang kaya. Begitu saya mengubah pemikiran saya, uang mulai mengalir."

Ia juga menekankan bahwa "Satu-satunya cara untuk belajar berpikir seperti orang kaya adalah dengan mempelajarinya."




Melansir CNBC Make It, berikut adalah delapan perubahan gaya hidup yang telah membantu Siebold dan para miliarder self-made atau miliarder yang kaya karena usahanya sendiri dalam membangun kekayaan. Jika Anda ingin mengubah hidup Anda pada tahun 2019, mungkin Anda juga bisa menerapkan hal berikut:

Hasilkan dua pendapatan atau lebih
Orang terkaya fokus pada penghasilan, dan biasanya mereka tidak puas dengan satu sumber pendapatan.
Seperti yang ditemukan penulis Thomas C. Corley dalam studi multi-tahunnya tentang jutawan self-made, orang kaya "tidak bergantung pada satu sumber penghasilan tunggal," hal itu ia tulisakan dalam karyanya yang berjudul "Change Your Habits, Change Your Life." Faktanya, "65% orang kaya memiliki setidaknya tiga aliran pendapatan sebelum menghasilkan pendapatan bernilai jutaan dolar pertama mereka," kata Corley, yang menjalani berbagai pekerjaan seperti penyewaan real-estate, kerja sampingan atau pekerjaan paruh waktu.

Bangun hubungan dengan orang-orang sukses
Komunitas Anda penting. Itu bahkan dapat memengaruhi kekayaan bersih Anda, kata Siebold: "Dalam kebanyakan kasus, kekayaan bersih Anda mencerminkan tingkat teman-teman terdekat Anda. ... Kami menjadi seperti orang-orang yang bekerja sama dengan kami, dan itulah sebabnya para pemenang tertarik pada para pemenang."

Coreley setuju: "Orang-orang sukses dan kaya sangat pemilih dengan siapa mereka bergaul," tulisnya. "Tujuan mereka adalah mengembangkan hubungan dengan individu-individu yang berpikiran sukses lainnya." Jika Anda tidak tahu mana orang yang sangat termotivasi dalam jaringan Anda, Corley menyarankan untuk bergabung dengan grup profesional.

8 Cara Gaya Hidup a la Crazy Rich untuk Makin Kaya di 2019 Foto: infografis/ 10 crazy rich ri 2018 / Aristya Rajadian Krisabella


Menabung untuk berinvestasi
"Menginvestasikan uang adalah cara bagaimana Anda akan menjadi super kaya," kata jutawan self-made Grant Cardone. "Satu-satunya alasan untuk menghemat uang adalah menginvestasikan uang."

Faktanya, seberapa banyak Anda menabung dan berinvestasi sering kali lebih penting daripada jumlah gaji Anda. Pakar keuangan pribadi Ramit Sethi menulis dalam bukunya "I Will Teach You to Be Rich" bahwa "rata-rata jutawan berinvestasi 20% dari pendapatan rumah tangga mereka setiap tahun. Kekayaan mereka tidak diukur dengan jumlah yang mereka hasilkan setiap tahun, tetapi dengan seberapa banyak yang mereka telah tabung dan investasikan dari waktu ke waktu."

Otomatiskan keuangan Anda
Setelah Anda berkomitmen untuk menginvestasikan uang Anda, cara termudah untuk mempertahankannya dari waktu ke waktu adalah dengan membuat proses yang otomatis, yang artinya ada uang dari gaji Anda yang dikirim rekening investasi secara otomatis setiap bulannya.
Cukup dengan mengatur keuangan Anda secara autopilot / otomatis dapat membuat Anda memiliki tabungan US$ 700 per bulan atau US$ 8,400 per tahun, selama sisa hidup Anda.

Biasakan melakukan hal-hal yang tidak nyaman
Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak penghasilan atau lebih maju dalam hidup, Anda harus bersedia melangkah keluar dari zona nyaman.

Keluar dari zona nyaman adalah termasuk menegosiasikan gaji Anda. Ini adalah salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan potensi penghasilan Anda, karena mereka yang meminta lebih banyak gaji biasanya mendapatkannya. Namun kebanyakan orang bahkan tidak mencoba.

Tentu saja, negosiasi bisa menjadi bisnis yang rumit, tetapi tidak mendapatkan bayaran yang layak juga berarti sebuah perbedaan antara kehidupan orang rata-rata dengan orang kaya. Lagipula, seperti yang dikatakan oleh miliarder self-made Grant Sabatier, "Hal nomor satu yang akan menentukan potensi penghasilan masa depan Anda dan membuat Anda dengan cepat memiliki US$ 1 juta adalah dengan menghitung berapa banyak uang yang Anda terima hari ini."

Luangkan 20 menit sehari untuk mengembangkan keterampilan baru
Orang kaya memiliki satu sifat penting: Mereka berdedikasi untuk peningkatan diri, kata Corley.
Membaca buku tentang topik yang tidak dikenal, mengikuti kelas atau bergabung dengan grup jejaring lokal adalah cara yang bagus untuk mengembangkan keterampilan baru. Bahkan, mempelajari keterampilan baru dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan, kata seorang mantan pelatih karier Google.

"Ketika Anda melakukan hal-hal yang berada di luar zona nyaman Anda dan di luar lingkaran itu, itu menyebabkan ketidaknyamanan," tulis Corley. "Tapi setiap kali Anda terlibat dalam aktivitas baru yang menyebabkan ketidaknyamanan, Anda sedang memperluas jangkauan Anda; Anda tumbuh sebagai individu."

Jangan pamer, tapi tumbuh-lah
"Saya tidak membeli jam tangan atau mobil mewah pertama saya sampai bisnis dan investasi saya menghasilkan banyak arus pendapatan yang aman," tulis Cardone, yang harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup sebelum mendapatkan gaji tujuh digit. "Aku masih mengendarai Toyota Camry ketika aku menjadi jutawan. Dikenal lah karena etos kerjamu, bukan pernak-pernik yang kamu beli."

Warren Buffett tampaknya hidup dengan filosofi yang sama. Lagipula, investor legendaris itu makan di McDonald's dan tidak pernah menghabiskan lebih dari US$ 3,17 untuk sarapan sandwich.

Berpikir besar
Jika Anda menetapkan harapan Anda sangat tinggi dan siap menghadapi tantangan apa pun, Anda berada di jalur yang benar. Lagi pula "tidak ada yang akan pernah berhasil menjadi kaya dan menjalani impian mereka tanpa memiliki harapan besar," tulis Siebold. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading