Internasional

Wanita Miliuner China Ini Serahkan Tahta pada Putrinya

Entrepreneur - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
26 November 2018 17:12
Wanita Miliuner China Ini Serahkan Tahta pada Putrinya
Jakarta, CNBC Indonesia - Pengembang properti sekaligus salah satu orang terkaya China, Wu Yajun, telah menyerahkan kepemilikan saham di perusahaan andalannya kepada putrinya.



Wu adalah satu pendiri dan chairwoman Longfor Group Holdings yang terdaftar di bursa Hong Kong. Ia telah mengalihkan kendali atas 44% saham di perusahaannya kepada anak perempuannya Cai Xinyi "demi tujuan kekayaan keluarga dan perencanaan suksesi," kata Longfor dalam sebuah pernyataan, Kamis (22/11/2018).



Cai akan memberi suara untuk saham-saham tersebut sesuai dengan instruksi Wu, kata pernyataan itu, dilansir dari Forbes.




Wu ada peringkat ke-27 dalam daftar orang terkaya China 2018 versi Forbes dengan kekayaan sekitar US$6,7 miliar (Rp 96 triliun). Kekayaan itu bernilai US$8,1 miliar hari Jumat.

Wanita Miliuner China Ini Serahkan Tahta pada PutrinyaFoto: Infografis/kebiasaan yang wajib dilakukan untuk jadi miliuner/Aristya Rahadian Krisabella
Wu dan suaminya, Cai Kui, bercerai tahun 2012 dan mantan suaminya itu tidak lagi terlibat di Longfor. Forbes memperkirakan kekayaan Cai Kui mencapai US$ 2,9 miliar pada Jumat.



Pengalihan saham ke Cai Xinyi menggarisbawahi suatu perubahan penting dalam bisnis China saat para pengusaha sukses dari reformasi sektor swasta di negara itu pada 1980-an dan 1990-an membawa generasi berikutnya ke posisi kepemimpinan dan kepemilikan.



Di antara banyak tokoh generasi berikutnya yang sedang naik daun adalah Steven Wang (26) di Suning Group yang dipimpin oleh chairman dan miliuner Zhang Jindong. Wang Zizheng (30) putra dari Wang Yusuo, miliarder ENN Energy Holdings yang terdaftar di bursa Hong Kong, diangkat ke posisi direktur eksekutif dari direktur non-eksekutif pada Mei 2018.



Longfor tidak memberikan biografi untuk Cai Xinyi dalam pernyataannya; ia tidak menduduki posisi direksi.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading